ANALISIS BUKU AJAR KIMIA KELAS X DI KOTA LANGSA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS

Rahmad Suhadi (2022), ANALISIS BUKU AJAR KIMIA KELAS X DI KOTA LANGSA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pentingya literasi sains untuk dikuasai setiap individu dikarenakan literasi sains tidak hanya sebatas pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi berkaitan erat dengan bagaimana seseorang dapat memahami lingkungan hidup dan masalah-masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase dari masing-masing indikator literasi sains pada buku ajar kimia kelas X yang digunakan di kota Langsa menurut kategori literasi sains dalam materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian buku ajar kimia kelas X yang digunakan di kota Langsa dan menggunakan instrumen lembar observasi indikator literasi sains. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menjumlahkan kemunculan indikator literasi sains untuk setiap kategori pada setiap buku yang dianalisis, menghitung persentase kemunculan indikator literasi sains untuk setiap kategori pada setiap buku yang dianalisis dan menghitung reliabilitas pengamat. Penelitian ini meliputi kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan (the knowledge of science), sains sebagai cara untuk menyelidiki (the investigative nature of science), sains sebagai cara berpikir (science as a way of thinking), interaksi sains, teknologi dan masyarakat (interaction of science, technology and society). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dari keseluruhan buku ajar yang dianalisis secara umum menyajikan ruang lingkup kategori literasi sains sebesar 64,9 % pengetahuan sains, 21,9 % sains sebagai cara untuk menyelidiki, 8,70 % sains sebagai cara berpikir, 4,29 % interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Saran yang diajukan bagi guru yaitu hendaknya memahami tema literasi sains beserta indikator-indikatornya sebagai dasar dalam memilih buku ajar yang memiliki kategori literasi sains yang seimbang untuk di jadikan bahan ajar. Bagi peneliti berikutnya diharapkan lebih memahami dan teliti ketika menganalisis buku ajar yang berdasarkan literasi sains pada setiap buku agar menjadi karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Buku Ajar, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Literasi Sains

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rahmad Suhadi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2022)
Tanggal disimpan : 07-03-2022 14:41
Terakhir diubah : 15-08-2022 05:26
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2582
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!