ANALISIS NILAI-NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “KUMPULAN DONGENG ANAK DUNIA TERPOPULER”

Akmal Saputra (2022), ANALISIS NILAI-NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “KUMPULAN DONGENG ANAK DUNIA TERPOPULER” . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan memiliki peran penting dalam menumbuh kembangkan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki manusia. Sehubungan dengan itu maka melaksanakan Penguatan Karakter peserta didik melalui program Pendidikan sangat di perlukan.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter yang terdapat dalam buku “Kumpulan Dongeng Anak Dunia Terpopuler”.


Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif kemudian jenis penelitiannya di gunakan adalah kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi, selanjutnya teknik analisis datanya menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan klarifikasi.


Hasil penelitian terhadap buku “Kumpulan Dongeng Dunia Terpopuler” di temukan nilai Penguatan Pendidikan Karakter sebagai berikut : 1) Religius 2) Mandiri 3) Gotong royong 4) Integritas.


Adapun saran-saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini kepada Guru, diharapkan agar dapat mempelajari nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter. Sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk di implementasikan pada peserta didik, dan juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk peneliti selanjutnya.

Kata kunci : Nilai-nilai penguatan pendidikan karakter, Dongeng

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Akmal Saputra
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 04-03-2022 15:46
Terakhir diubah : 29-03-2022 08:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2581
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!