APLIKASI MONTMORILLONIT TERAKTIVASI ASAM SEBAGAI KATALIS DALAM REAKSI TRANSESTERIFIKASI MINYAK JELANTAH

Dhia Amalia (2022), APLIKASI MONTMORILLONIT TERAKTIVASI ASAM SEBAGAI KATALIS DALAM REAKSI TRANSESTERIFIKASI MINYAK JELANTAH . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Biodiesel adalah senyawa metil ester yang berasal dari proses reaksi esterifikasi dan transesterifikasi. Reaksi transesterifikasi sangat penting menggunakan katalis agar mempercepat reaksi dan menghasilkan metil ester yang maksimum. Penggunaan katalis terbaik adalah montmorillonit (MMT) dengan yang mempunyai bentuk silikat berstruktur lapis seperti lembaran, mempunyai gaya tarik sangat kuat terhadap air, dan kapasitas penukar kation yang tinggi. Hasil penelitian dengan karakterisasi (X-Ray Diffraction) proses aktivasi montmorillonit dengan HNO3 terbentuk ciri mineral montmorillonit yang artinya proses aktivasi tidak merusak kisi (interlayer). (Scanning Electron Microscope) terlihat ujung lapisan menjadi terbuka, meningkatkan luas permukaan dan diameter pori yang semakin besar maka semakin selektif dalam mengkatalis. Karakterisasi (Fourier Transform Infra Red) terjadinya proses pertukaran ion H+ pada permukaan dimana situs asam Brφnsted bertindak sebagai pendonor proton atau ion H+, semula situs permukaan tertutu menjadi terbuka dan terjadi substitusi dengan H+, sehingga situs H+ pada MMT-HNO3 menjadi bertambah, sedangkan asam Lewis sebagai penangkap atau penerima elektron H+. Analisis (Gas Chromatography and Mas Spectroscopy) terhadap biodiesel dari minyak jelantah ada berkaitan dengan hubungan rendemen biodiesel (yield) terhadap massa katalis yaitu 1%, 5%, dan 10% FAME (Fatty Acid Methyl Ester) yang dihasilkan sebesar 92,65%; 98,64% dan 100%, maka disimpulkan serta didukung teori kimia bahwa semakin banyak persentase katalis atau massa katalis maka jumlah partikel maka tumbukan yang terjadi antar partikel juga semakin sering terjadi dan menyebabkan laju reaksi akan semakin cepat dan produk metil ester yang dihasilkan juga semakin besar.

Kata kunci : Biodiesel, Montmorillonit, Katalis Heterogen, Minyak Jelantah, Transesterifikasi, FAME, asam Brφnsted, asam Lewis.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dhia Amalia
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Kimia (2022)
Tanggal disimpan : 22-02-2022 10:43
Terakhir diubah : 22-03-2022 15:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2550
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!