Pencarian
PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Legisa (2022),
PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan bahan ajar berbasis saintifik.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan desain pretest posttest control group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 & XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Langsa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan setelah penerapan bahan ajarberbasis saintifik dengan n-Gain 0,68 (kategori sedang). Peningkatan ketercapain keterampilan berpikir krtisis pada masing-masing indikator, supposition and integration (memperkirakan dan menggabungkan) adalah indikator dengan ketercapaian paling tinggi dan inference merupakan indikator yang mengalami ketercapaian paling rendah, nilai t hitung yang diperoleh pada uji hipotesis lebih besar dari t tabel (10,30 ≥ 2,01). Guru diharapkan mempertimbangkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran dan hasil penelitian berupa LKPD berbasis saintifik pada materi laju reaksi ini dapat digunakan juga dalam proses pembelajaran di sekolah sehingga kualitas LKPD secara keseluruhan menjadi lebih bermanfaat.
Kata kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, LKPD, Pendekatan SaintifikFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Legisa |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Kimia (2022) |
Tanggal disimpan | : 18-02-2022 12:15 |
Terakhir diubah | : 27-02-2022 09:41 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2022 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2539 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |