TELAAH LITERASI NUMERASI PADA BUKU MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Robiyah Adwiyah Sembiring (2022), TELAAH LITERASI NUMERASI PADA BUKU MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sejak tahun 2016 Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN). Salah satu bagian dari gerakan literasi nasional yaitu literasi numerasi dimana keterampilan numerasi diperlukan dalam setiap aspek kehidupan. Sederhananya numersi diartikan sebagai kemampuan dalam mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan kandungan literasi numerasi yang ada di dalam buku matematika siswa. Buku teks merupakan media pelajaran yang termasuk dalam kelompok media cetak. Buku teks yang digunakan dalam kegiatan pelajaran yang dicetak dalam bentuk buku yang disajikan secara perorangan untuk membantu pelaksanaan belajar mengajar. Buku teks pelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif untuk mendapatkan informasi secara mandiri. Salah satunya yaitu pada buku siswa matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini sendiri merupakan penelitian kualitatif. Teknik  analisis data, menggunakan analisis konten dengan tahapan yang mencakup penggandaan data, pengurangan (reduksi) data, Infrensi, dan analisis. literasi numerasi yang terdapat di dalam buku matematika siswa kelas V sekolah dasar diketahui ada sebanyak 563 Kemunculan literasi numerasi. Kemunculan literasi numerasi yang terdapat di dalam buku matematika ini sendiri di dominasi dengan kumunculan literasi numerasi pada (1) pembelajaran matematika berbasis permasalahan yang kemunculannya ada sebanyak 226 kemunculan literasi numerasi. (2) Pada pembelajaran matematika berbasis proyek yang terdpat 5 kemunculan literasi numerasi. (3) penyajian informasi dalam bentuk presentasi numerasi terdapat sebanyak 47 kemunculan literasi numerasi. (4) pengaplikasian numerasi dalam pelajaran ada sebanyak 139 kemunculan literasi numerasi.(5) penggunaan angka dan simbol dalam konteks kehidupan sehari-hari ada sebanyak 40 kemunculan. (6) informasi yang di tampilkan dalam berbagai bentuk ada sebanyak 84 kemunculan. (7) menyimpulkan hasil analisis untuk mmengambil keputusan ada sebanyak 22 kemunculan literasi numerasi yang terdapat di dalam buku matematika siswa. Kesimpulan dan Saran penelitian ini Literasi numerasi merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan penalaran. Penalaran berarti menganalisis dan memahami suatu pernyataan, melalui aktivitas dalam memanipulasi symbol atau bahasa matematika yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci : Buku Teks, Literasi, Numerasi, Sekolah Dasar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Robiyah Adwiyah Sembiring
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 18-02-2022 11:46
Terakhir diubah : 25-03-2022 10:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2537
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!