PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN DISPOSISI MATEMATIS KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH LANGSA

Anggitia Sundari (2022), PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN DISPOSISI MATEMATIS KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa dan disposisi matematis kelas VII SMP Muhammadiyah Langsa. Kuranganya rasa percaya diri siswa dalam bertanya padahal belum paham tentang materi yang diajarkan, siswa yang cenderung diam dan hasil belajar yang rendah karena siswa yang kurang aktif pada kondisi belajar. Salah salah satu cara untuk mengatasi permasalah tersbut yang dapat dilakukan guru untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran matematika adalah pengaruh strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) terhadap hasil belajar siswa, materi yang diteliti adalah himpunan.


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh  hasil belajar siswa dan disposisi matematis setelah diterapkan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) pada  kelas VII SMP Muhammadiyah Langsa.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan The One – Group Pretest-Postest. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A SMP Muhammadiyah Langsa yang berjumlah 17 siswa tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan pretest dan postest untuk menganalisis hasil belajar siswa dan instrumen angket untuk disposisi matematis.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa thitung = 8,59 > ttabel (0,05 : 16) = 2,12 dapat disimpulkan Ha diterima artinya pada taraf signifikan 5% bahwa terdapat  pengaruh terhadap  hasil  belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Langsa setelah diterapkan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH).  Pada perhitungan kriteria angket disposisi matematis persentase diperoleh rata-rata 42,87% maka kriteria penafsiran jawaban angket adalah hampir setengahnya siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah Langsa telah memiliki disposisi matematis setelah diterapkan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH).  


Saran yang diajukan pada penelitian ini adalah hendaknya guru matematika dapat menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) untuk meningkatkan hasil belajar dan disposisi matematis siswa.

Kata kunci : Question Student Have (QSH), Disposisi Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Anggitia Sundari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 15-02-2022 10:07
Terakhir diubah : 22-04-2022 00:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2520
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!