Pencarian
PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Yumi Marwati (2022),
PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Pembelajaran blended learning salah satu model pembelajaran yang sedang berkembang saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Alafan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X APA 2 SMA Negeri 1 Alafan yang terdiri dari 38 siswa yang dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini angket respon motivasi dan tes soal hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan uji persyaratan analisis dengan uji homogenitas dan uji normalitas. Kemudian untuk menguji hipotesis digunakan statistik dengan uji t-test dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat motivasi belajar yang signifikan (t hitung=10,8>t tabel=1,668). (2) Terdapat hasil belajar peserta didik yang signifikan (t hitung=8,5>t tabel=1,668) pada mata pelajaran kimia setelah diterapkannya metode blended learning
Kata kunci : Blended Learning, Hasil Belajar, Motivasi BelajarFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Yumi Marwati |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Kimia (2022) |
Tanggal disimpan | : 14-02-2022 12:57 |
Terakhir diubah | : 14-06-2022 10:06 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2022 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2513 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |