PENGARUH JENIS MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Solanumesculentum) DI DESA PALUH MANIS LANGKAT TAHUN 2016

AINUN MARDIAH (2018), PENGARUH JENIS MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Solanumesculentum) DI DESA PALUH MANIS LANGKAT TAHUN 2016 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Media tanam merupakan tempat tumbuh tanaman dan berfungsi menyediakan makanan atau unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Tomat termasuk komoditi yang cukup strategi, karena hamper semua masyarakat di Indonesia mengkonsumsinya. Disamping dikonsumsi sebagai buah dan sayur. Tomat banyak digunakan sebagai bahan baku industry untuk pembuatan saus dan sambal tomat. Prospek tomat ini cukup baik karena Suplai tomat dari tahun ke tahun cenderung naik, Jumlah konsumsi rata-rata pertahun di daerah pedesaan yaitu 1,26 kg perkapita ditahun 2015. Tujuan dalam penelitian ini: untuk Untuk mengetahui pengaruh jenis media tanam Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanumesculentum)di Desa Paluh Manis Langkat Untuk mengetahui media yang paling baik media tanam Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum esculentum) di Desa Paluh Manis Langkat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengka (RAL), dengan lima perlakuan dan lima ulangan. Data dianalisis menggunakan ANNOVA yang dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Perlakuan terdiri dari P0: Kontrol (100% tanah), P1: Tanah 75 %+ 25% Sekam padi, P2: Tanah 75 %+ 25% Daun pakis, P3: Tanah 75 % + 25% Daun bamboo, P4 : Tanah 75 %+ 15 % Sekam padi + 10 % Daun bambu. Pengambilan data dilakukan selama 2 bulan setelah tanam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh jenis media tanam terhadap pertumbuhan tanaman Tomat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan tinggi tanaman tomat dan jumlah daun antara tanpa menggunakan media tanam. Perbedaan secara statistic menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan, dibuktikan Fhitung>Ftabel ditaraf signifikan 5% (3,78) dan 1% (5,10). Hasil Fhitung tinggi tanamanya itu 8,50, hasil Fhitung jumlah daunya itu 24,11. Perbedaan pertumbuhan tanaman Tomat disebabkan berbagai macam faktor, yaitu tingkat perbedaan pemberian perlakuan. Senyawa-senyawa penting dalam media tanam daun bambu, daun pakis dan sekam padi juga yang menjadi faktor yang mempercepat pertumbuhan. Senyawa tersebut misalnya antrakuinon, pati, saponin, dan flavonoid yang berperan untuk pertumbuhan bulu-bulu akar, sumber nutrisi dan menyuburkan tanah.

Kata kunci : Kata kunci : Tanaman Tomat, media tanam

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : AINUN MARDIAH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 11-02-2020 09:40
Terakhir diubah : 11-02-2020 09:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=250
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!