ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7

M. Andre (2021), ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan penalaran matematis siswa adalah sebuah pemecahan masalah yang dimulai dengan hipotesis atau (dugaan) hingga terbukti kebenarannya melalui beberapa kepastian (pengamatan, percobaan dan
sebagainya). Namun pada fakta di lapangan rata-rata siswa di Pesantren Darul Mukhlisin masih memiliki kemampuan penalaran matematis yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajran learning cycle 7E yaitu model pembelajaran yang terdiri dari fase-fase atau tahapan-tahapan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan cara berperan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah menggunakan model Learning Cycle 7E.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian di kelas VII-1 dengan jumlah siswa 23 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test/pasca-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > nilai ttabel yaitu 6,43 > 2,07387, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah menggunakan Model Learning Cycle 7E.


Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan model pemebelajaran Model Learning Cycle 7E untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada materi aljabar, juga bagi peneliti selanjutnya agar kiranya penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Model Learning Cycle 7E, Kemampuan Penalaran Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M. Andre
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 11-02-2022 13:58
Terakhir diubah : 12-04-2022 01:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2487
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!