PENILAIAN POTENSI OBJEK WISATA ALAM DI DESA SELAMAT KECAMATAN TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG

Dandi Damara (2022), PENILAIAN POTENSI OBJEK WISATA ALAM DI DESA SELAMAT KECAMATAN TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

       Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi objek Wisata alam dan menyusun strategi pengembangan objek Wisata Alam di Desa Selamat Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini telah dilakukan di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, waktu pelaksanaan penelitian selama 2 bulan, yang dimulai dari bulan Mei sampai bulan Juli 2021. Penelitian ini menggunakan metode survey. Responden ditentukan secara purposive sampling Secara garis besar penelitian dilakukan atas 4 (empat) tahapan yang  meliputi: (1) persiapan, (2) survei pendahuluan, (3) pelaksanaan lapangan, dan (4) analisis data/pembahasan. Adapun alatanalasis yang digunakan antara lain metode skoring yang berpedoman kepada analisis ADO-ODTWA.


      Hasil penelitian menunjukan terdapat empat objek wisata alam di Desa Selama yaitu : Pemandian Gunung Pandan, Mata Air Belerang Sendangwaringin, Air Terjun Alur Batu dan Gua Pintu Angin. Berdasarkan rekapitulasi penilaian potensi objek dan daya tarik wisata alam di lokasi penelitian memiliki indeks nilai potensi sebesar 75,57% dengan klasifikasi potensi ODTWA termasuk kelas tinggi dan tingkat kelayakan pengembangan objek wisata termasuk kedalam kategori layak di kembangkan.

Kata kunci : Potensi objek wisata alam

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dandi Damara
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 10-02-2022 12:21
Terakhir diubah : 06-04-2022 09:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2471
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!