PENERAPAN MODEL EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 LANGSA

Rahmah Febrina (2022), PENERAPAN MODEL EXAMPLES NON-EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hasil belajar menjadi tolak ukur keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Selain hasil belajar keaktifan belajar juga menjadi aspek yang penting untuk dicapai. Pada proses pembelajaran nyatanya banyak siswa yang pasif, sehingga antara guru dan siswa tidak terjalinnya interaksi dua arah.  Imbas dari tidak terjalinnya interaksi antara guru dan siswa adalah banyak siswa yang kurang mengerti akan penjelasan yang dijabarkan oleh guru. Konsekuensi dari semua ini adalah hasil belajar yang didapat oleh siswa akan kurang maksimal. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan penerapan model examples non-examples untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 4 Langsa dengan menerapkan model examples non-examples dan untuk menganalisis tentang keaktifan belajar siswa kelas VII-2 SMPN 4 Langsa dengan menerapkan model examples non-examples.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian The One-Group Prestest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test untuk menganalisi hasil belajar siswa dan menggunakan lembar observasi untuk menganalisis keaktifan belajar siswa.


Berdasarkan hasil penelitian diperolehuji hipotesis statistik, dengannilai thitung= 9,44>ttabel(0,05;23) = 2,06dengan taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-2 SMP Negeri 4 Langsa setelah diterapkan model examples non-examples.Rata-rata hasil observasi keaktifan belajar siswa adalah 69%. Dengan tingkat presentase keaktifan 61 – 80, maka keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model examples non-examples termasuk dalam interpretasi berkualitas.


Saran yang diajukan yaitu Model pembelajaran yang baik dalam penelitian ini hendaknya dijadikan referensi setiap pengajar dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam usahanya memecahkan masalah hasil belajar dan keaktifan belajar dan Untuk penelitian lebih lanjut hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara lebih terperinci yang belum terjangkau oleh peneliti saat ini.

Kata kunci : Examples Non-Examples, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rahmah Febrina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 09-02-2022 10:11
Terakhir diubah : 02-03-2022 04:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2455
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!