REKAYASA MESIN KONVERSI SAMPAH PLASTIK MENJADI MINYAK MENTAH DENGAN VARIASI SAMPAH PLASTIK JENIS POLYPROPILENA (PP) DAN POLY ETHYLENE THEREPHTALATE (PET)

Iqbal fahrurazy (2022), REKAYASA MESIN KONVERSI SAMPAH PLASTIK MENJADI MINYAK MENTAH DENGAN VARIASI SAMPAH PLASTIK JENIS POLYPROPILENA (PP) DAN POLY ETHYLENE THEREPHTALATE (PET). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penggunaan plastik semakin meningkat setiap tahunnya. meningkatnya penggunaan plastik adalah hasil dari perkembangan teknologi, industri dan demografis. Masalah sampah ini erat kaitannya dengan pertumbuhan penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan perubahan pola konsumsi masyarakat. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH) tahun 2016 dan Kementerian Perindustrian, volume pembuangan sampah tahunan Indonesia mencapai 65,2 juta ton. Jika tidak dicari solusi, peningkatan sampah plastik ini akan menjadi masalah serius. Metode pembuangan sampah plastik yang populer saat ini adalah (Reuse, Reduce, Recycle). Alternatif lain dari pengelolaan sampah plastik yang diteliti dan dikembangkan adalah konversi sampah plastik menjadi minyak mentah dengan metode pirolisis. Metode pirolisis pada sampah plastik merupakan proses dekomposisi senyawa organik melalui proses pemanasan dengan sedikit atau tanpa melibatkan oksigen. Tujuan dari penelitian ini adalah Membuat mesin konversi sampah plastik menjadi minyak mentah dengan bentuk yang sederhana. terdapat dua jenis plastik yang akan dilakukan pengujian yaitu plastik polipropilena (PP) dan plastik polietilena tereftalat (PET). Pada pengujian plastik polietilena tereftalat (PET) dengan berat plastik 1 kg selama 240 menit menghasilkan 22,5 ml minyak mentah dan Pengujian plastik polipropilena (PP) dengan berat plastik 1 kg selama 240 menit menghasilkan 110 ml minyak mentah.

Kata kunci : sampah plastik, pirolisis, daur ulang sampah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Iqbal fahrurazy
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2022)
Tanggal disimpan : 08-02-2022 22:39
Terakhir diubah : 15-06-2022 00:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2454
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!