PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERMEDIAKAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 12 LANGSA

Cici Wulandari (2022), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERMEDIAKAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 12 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang sangat penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, pada fakta dilapangan keadaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematis masih tergolong rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan  menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining bermediakan Geogebra pada materi persamaan garis lurus.


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining bermediakan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 12 Langsa.


Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Grup Design. Adapun populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 12 Langsa, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-II yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes akhir, tes akhir diberikan untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah belajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada materi persamaan garis lurus.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel atau 3,649 > 2,026 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining bermediakan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 12 Langsa.


Saran yang diharapkan kepada guru matematika untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pembelajaran untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menarik guna mempermudah siswa, seperti pada penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan software Geogebra dapat menjadi alternatif pada materi persamaan garis lurus karena software berfungsi untuk mempermudah guru dalam mengajar

Kata kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Geogebra, dan kemampuan pemahaman konsep matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Cici Wulandari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 03-02-2022 11:52
Terakhir diubah : 16-02-2022 03:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2423
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!