ANALISIS SIKAP ILMIAH MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENDETEKSI KEBERADAAN LOGAM MENGGUNAKAN MEDIA PRAKTIKUM SELF POTENTIAL

Novita afriani (2021), ANALISIS SIKAP ILMIAH MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENDETEKSI KEBERADAAN LOGAM MENGGUNAKAN MEDIA PRAKTIKUM SELF POTENTIAL . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sikap ilmiah terdapat pada diri masing-masing setiap orang hanya saja kita tidak bisa mengetahuinya sikap ilmiah apa yang terdapat di dalam tubuh kita, sikap ilmiah juga diartikan suatu sikap yang dibentuk dalam diri seseorang serta bergerak dibidang ilmiah yang memiliki sifat ilmiah. Metode self potential (SP) ialah metode survei geofisika yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi sumber daya alam bawah permukaan tanah. Rumusan  masalah pada penelitian ini adalah bagaimana analisis sikap ilmiah mahasiswa prodi pendidikan fisika dalam mendeteksi keberadaan logam menggunakan media praktikum self potential ?,   adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui sikap ilmiah mahasiswa prodi pendidikan fisika dalam mendeteksi keberadaan logam menggunakan media praktikum self potential. Metodologi dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan model 4D. Populasi penelitian ini ialah seluruh mahasiswa prodi pendidikan fisika sedangkan sampel yang diambil seluruh mahasiswa angkatan 2018. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu sikap ilmiah pada angkatan 2018 yaitu 91,1 % (sangat baik). Nilai maksimum yang didapat pada self potential 24,6 mV dan nilai minimum yang didapat 9,4 mV. Hasil angket yang diberikan kepada para ahli yaitu ahli media 84,3% (baik) dan nilai yang didapat pada ahli materi 91% (sangat baik). Hasil dari angket yang diberikan kepada dosen mata kuliah 88,8% (sangat baik). Adapun saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan percobaan ulang dengan ditanam logam yang berbeda dan lihat hasil tegangan yang didapat, agar memperbanyak titik untuk ditanam self potential pada penelitian dan media ini dapat diterapkan di mata kuliah fisika lingkungan agar dapat mempermudah mahasiswa maupun dosen.

Kata kunci : Sikap ilmiah dan self potential(SP)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Novita afriani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 03-02-2022 11:35
Terakhir diubah : 08-03-2022 16:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2421
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!