IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR TEMPERATUR RUANGAN BERBASIS ARDUINO UNO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH LANGSA KELAS X IPA

Irwansyah putra (2022), IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR TEMPERATUR RUANGAN BERBASIS ARDUINO UNO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH LANGSA KELAS X IPA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Media pembelajaran merupakan salah satu pendukung berlangsungnya proses belajar mengajar disekolah, dengan adanya media pembelajaran dapat meningkatkan perhatian siswa dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif. Fungsi utama dari media pembelajaran yaitu sebagai alat bantu mengajar yang dapat mempengaruhi kondisi kelas dan lingkungan belajar.


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media pembelajaran alat ukur temperatur ruangan berbasis arduino uno terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Langsa.


Metode yang digunakan pada penilitian ini adalah metode eksperimen verifikasi, metode eksperimen verifikasi bertujuan untuk membuktikan konsep fisika dan melihat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah Langsa tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling yang terdiri dari satu kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan instrument test pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan menggunakan kuesioner angket untuk melihat respon siswa terhadap media.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh  hipotesis  Ha diterima yang berarti adanya pengaruh penerapan metode eksperimen verifikasi dengan berbantuan media pembelajaran alat ukur temperatur ruangan berbasis arduino uno di SMA Muhammadiyah Langsa Kelas X IPA. Kemudian respon siswa terhadap media pembelajaran alat ukur temperatur ruangan berbasis arduino uno juga baik hal ini dibuktikan dari persentase analisis seluruh butir indikator dari pernyataan angket respon siswa, diperoleh persentase akhir rata-rata sebesar 33,72% artinya media sesuai dengan indikator pembelajaran.


Diharapkan Peneliti selanjutnya sebaiknya agar lebih memperhatikan alokasi waktu dan menguasai langkah-langkah dengan benar, sehingga penerapan metode eksperimen verifikasi berjalan dengan baik, guru bidang studi fisika diharapkan dapat menerapkan media pembelajaran pada proses pembelajaran fisika.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Metode Eksperimen Verifikasi, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Irwansyah putra
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 03-02-2022 11:33
Terakhir diubah : 15-03-2022 11:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2419
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!