PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 10 LANGSA

Ely Novita (2022), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 10 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemahaman konsep matematis dan keaktifan belajar siswa merupakan salah satu aspek terpenting dalam belajar matematika. Namun pada fakta di lapangan terdapat rata-rata siswa masih memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dan keaktifan belajar yang rendah. Dalam proses pembelajaran matematika banyak hal yang dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep matematis dan keaktifan belajar siswa, yaitu disebabkan oleh guru, siswa itu sendiri, lingkungan belajar yang saling berhubungan satu sama lain dan pendekatan pembelajaran


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis setelah diterapkan model pemnelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan (2) untuk menganalisis keaktifan belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada kelas VII-Khadijah (ATI).


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimental dengan menggunakan The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini dilakukan di kelas VII-Khadijah sebagai kelas eksprimen dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Sedangkan kelas VII- Aisyah sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.


Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai . Sehingga dapat disimpulkan bahwa menolak  dan menerima  artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 10 Langsa setelah diterapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction  (ATI) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional. Selain pemahaman konsep matematis, keaktifan belajar siswa pada kelas VII-Khadijah dihasilkan nilai rata-rata yaitu 75 dengan kategori aktif. Melalui penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI)  siswa semangkin aktif dalam pembelajaran dikelas.


Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan model pemebelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan keaktifan belajar siswa khususnya pada materi bentuk aljabar, bagi peneliti selanjutnya agar penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), Pemahaman Konsep Matematis, Keaktifan Belajar Siswa.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ely Novita
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 03-02-2022 10:40
Terakhir diubah : 22-03-2022 00:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2417
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!