PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 12 LANGSA

Yana Yuliana (2022), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 12 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika. Namun pada fakta dilapangan kemampuan siswa dalam memahami dan menyerap pelajaran matematika masih tergolong rendah. Sehingga dibutuhkan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa salah satunya yaitu menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL)


           Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL).


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian  eksperimen satu kelas. Sampel penelitian ini di kelas VII SMPN 12 Langsa yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test/pasca-test.


Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh bahwa thitung = 9,87 dan  ttabel(0,05;19) = 2,09 sehingga  thitung > ttabel (9,87 > 2,09), maka dapat disimpulkan bahwa  terdapat peningkatan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMPN 12 Langsa setelah diterapkan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL).


Saran yang dapat diajukan yaitu diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan serta masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, dan bagi peneliti berikutnya diharapkan penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), Kemampuan Pemahaman Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yana Yuliana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 31-01-2022 12:33
Terakhir diubah : 16-02-2022 11:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2406
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!