ANALISIS TITIK IMPAS USAHATANI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM, L) (STUDI KASUS DI DESA PAYA MEULIGOE KECAMATAN PEURUELAK KABUPATEN ACEH TIMUR)

Mukti Ramadhani (2022), ANALISIS TITIK IMPAS USAHATANI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM, L) (STUDI KASUS DI DESA PAYA MEULIGOE KECAMATAN PEURUELAK KABUPATEN ACEH TIMUR). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

“Analisis Titik Impas Usahatani Cabai Merah (Capsicum annum, L) (Studi Kasus Di Desa Paya Meuligoe Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur)”. Dibawah bimbingan Muhammad Jamil dan Cut Gustiana. Tujuan penelitian untuk menganalisis Titik impas (break event point) usahatani cabai merah di Desa Paya Meuligo Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan studi kasus. Dusun Nurul Akla yang terdapat petani cabai merah dijadikan dusun sampel secara sengaja dan terdapat populasi petani cabai merah sebanyak 18 orang dan secara sensus dijadikan sampel penelitian. Metode analisis data meliputi analisis biaya produksi, produksi, pendapatan kotor, pendapatan bersih, analisis BEPunit dan BEPrupiah. Hasil penelitian rata-rata pendapatan bersih usahatani cabai merah di Desa Paya Meuligo Kecamatan Peureulak yaitu sebesar Rp.12.048.543,40/UT/MT.  Produksi cabai merah yaitu rata-rata sebesar 640,33 Kg per MT lebih besar dari nilai BEPunit hasil perhitungan yaitu 158,39 Kg, dengan demikian dari sisi BEPunit  usahatani cabai merah di Desa Paya Meuligo Kecamatan Peureulak dinyatakan layak untuk diusahakan. Harga cabai merah rata-rata sebesar Rp.25.000/Kg lebih besar dari pada BEPrupiah hasil perhitungan Rp.6.183,95/Kg, dengan demikian dari sisi BEPrupiah usahatani cabai merah di Desa Paya Meuligo Kecamatan Peureulak dinyatakan layak untuk diusahakan.

Kata kunci : Usahatani, Cabai Merah, BEP, Layak

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mukti Ramadhani
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 31-01-2022 12:32
Terakhir diubah : 06-09-2022 10:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2405
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!