IMPLEMENTASI ONLINE LEARNING MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALLIZATION, INTELECTUALLY) DENGAN APLIKASI ISPRING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KARAKTER MANDIRI

Novita Sari (2021), IMPLEMENTASI ONLINE LEARNING MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALLIZATION, INTELECTUALLY) DENGAN APLIKASI ISPRING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KARAKTER MANDIRI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hasil belajar adalah bagian dalam suatu proses pembelajaran untuk melihat ketrcapaian suatu proses pembelajaran, tetapi pada fakta-fakta di lapangan terdapat rata-rata siswa yang memiliki hasil belajar belum sesuai dengan KKM, sedangkan karakter mandiri adalah sikap seorang siswa yang memiliki rasa percaya diri dalam menyelesaikan permasalahan dengan penuh tanggung jawab dan yakin dapat menyelesaikannya. pada masa pandemic corona proses pembelajaran dilakukan secara online dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually) dengan aplikasi ispring pada materi program linear untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan karakter mandiri.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dan karakter mandiri pada materi program linear dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually) dengan aplikasi ispring kelas XI Mia 3 SMA Negeri 4 Kejuruan Muda.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian ini kelas XI Mia 3 SMA Negeri 4 Kejuruan Muda yang berjumlah 25 siswa tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah pre-test, post test, dan angket karakter mandiri.


Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh bahwa thitung = 9,68 > ttabel(0,05;24) = 2,064 disimpulkan menolak H0 dan menerima Ha artinya pada taraf signifikan 0,05 terdapat peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually) dengan aplikasi ispring. berdasarkan perhitungan angket karakter mandiri siswa persentase terhadap pernyataan positif adalah 56,32% terletak pada rentang 50% < P < 75% (sesuai Bab 3 halaman 45) artinya sebagian besar siswa kelas XI Mia 3 telah memiliki kemandirian dalam menyelesaikan permasalahan programl inear.


Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually) dengan aplikasi ispring untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan karakter mandiri khususnya pada materi program linear dengan pembelajaran yang dilaksanakan secara online, serta untuk peneliti selanjutnya agar kiranya penelitian ini dapat dikembangkan menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.


 


 

Kata kunci : Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually), Aplikasi Ispring, Hasil Belajar, Karakter Mandiri

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Novita Sari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 27-01-2022 10:55
Terakhir diubah : 23-02-2022 03:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2390
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!