ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK SD KELAS IV TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP

Elpri Loren Agustina Samosir (2022), ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK SD KELAS IV TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan Literasi Sains peserta didik Indonesia masih di bawah rata-rata jika di bandingkan dengan rerata skor internasional dan secara umum berada pada tahapan pengukuran terendah PISA. Literasi Sains sangat penting untuk di terapkan di SD, hal ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan mengenai literasi sains dan menerapkannya.


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan literasi sains pada buku tematik SD kelas 4 tema 3 peduli terhadap makhluk hidup.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode penelitian ini menggunakan analisis isi. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah buku tematik SD kelas IV tema 3 peduli terhadap makhluk hidup. Sedangkan objek dalam penelitian adalah literasi sains.


Hasil, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat aspek literasi sains dalam buku tematik SD kelas IV tema 3 peduli terhadap makhluk hidup. Dalam 3 sub tema pada buku tematik Sekolah Dasar sudah mencakup 5 sub indikator literasi sains yang terdapat pada Aspek Ide yaitu: memperluas pengalaman, mengembangkan penalaran terhadap perubahan penampilan, mendorong perhatian kelebih satu faktor, membuat tautan antar acara yang memiliki penjelasan umum, perancah ide-ide baru, kecuali sub indikator terakhir yaitu: memilih untuk mencoba ide baru dalam situasi berbeda. Pada aspek Proses sudah mencakup 4 sub indikator, mengembangkan keterampilan untuk mengumpulkan informasi dengan mengamati dan menggunakan sumber informasi, mengembangkan keterampilan bertanya, memprediksi dan merencanakan, mengembangkan keterampilan menafsirkan informasi dan menarik kesimpulan, dan mengembangkan keterampilan komunikasi dan refleksi. Pada aspek Sikap sudah mencakup 2 sub indikator mengembangkan kesediaan untuk mempertimbangkan bukti dan mengubah ide, dan mengembangkan kepekaan terhadap makhluk hidup dan lingkungan.


Saran sebagai berikut: bagi siswa, diharapkan untuk dapat memahami dan mengerti dengan baik dan benar mengenai literasi sains dan aspeknya yang terkandung dalam buku tematik SD. Bagi guru, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dan pertimbangan dalam memilih buku tematik yang sesuai dengan materi yang diajarkan, guru harus bisa mengajarkan materi pelajaran dengan baik dengan tujuan siswa lebih memahami literasi sains karena aspeknya ada di dalam buku tematik dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti lain, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan agar peneliti lain dapat melakukan penelitian untuk mencari buku tematik SD yang aspek literasi sainsnya belum terkandung dalam penelitian ini

Kata kunci : Literasi sains, Buku Tematik SD

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Elpri Loren Agustina Samosir
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 26-01-2022 12:33
Terakhir diubah : 11-02-2022 16:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2377
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!