ANALISIS ASPEK LITERASI SAINS PADA BUKU SISWA KELAS III KURIKULUM 2013

Yulia Rizanna (2022), ANALISIS ASPEK LITERASI SAINS PADA BUKU SISWA KELAS III KURIKULUM 2013. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pada kurikulum 2013 digunakan buku tematik terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Buku tematik berperan penting bagi peserta didik untuk mengembangkan  pemahaman siswa, terutama pemahaman literasi sains, sehingga buku tematik perlu dianalisis. Dengan literasi sains peserta didik mudah memahami lingkungan hidup dan dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dengan langkah-langkah ilmiah. Penelitian sebelumnya sudah banyak melakukan penelitian buku ajar, namun penelitian mengenai analisis buku ajar yang berhubungan dengan aspek literasi sains masih jarang ditemukan, terutama pada buku tematik kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar kelas rendah. Inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tentang  aspek literasi sains pada buku siswa kelas III Sekolah Dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan literasi sains pada buku siswa kelas III kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan diatas maka digunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten. Teknik pengumpulan datanya melalui dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah teknik analisis isi atau content. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya ditemukan aspek literasi sains pada buku siswa kelas III kurikulum 2013. Pada aspek pengetahuan ilmiah 4 indikator ditemukan yaitu memperluas pengalaman, mengembangkan penalaran tentang perubahan bentuk atau wujud, mendorong untuk memperhatikan lebih dari satu faktor, scaffolding pengetahuan baru. Sedangakan yang tidak muncul terdapat 2 indikator yaitu membuat hubungan antara kejadian dengan penjelasan umum dan memilih strategi untuk membantu kemajuan pengetahuan siswa. Pada aspek keterampilan proses sains ditemukan 4 indikator yaitu pertama keterampilan mengumpulkan bukti melalui observasi dan menggunakan berbagai sumber informasi. Kedua keterampilan bertanya, memprediksi dan merencanakan. Ketiga keterampilan menafsirkan informasi dan menarik kesimpulan. Keempat keterampilan komunikasi dan refleksi. Pada Aspek sikap ilmiah 2 indikator ditemukan yaitu pertama mengembangkan kesediaan untuk mempertimbangkan bukti dan mengubah ide. Kedua mengembangkan kepekaan terhadap makhluk hidup dan lingkungan yaitu adanya sikap kepedulian siswa terhadap makhluk hidup dan menyayangi tumbuhan dan hewan di sekitar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru hendaknya memahami aspek literasi sains sebagai bahan dasar dalam memilih buku yang sesuai dengan aspek literasi sains untuk dijadikan sebagai bahan ajar. Bagi penulis buku tematik dapat menulis buku dengan memperhatikan keseimbangan aspek literasi sains dan tidak hanya menekankan salah satu aspek saja, tetapi juga aspek literasi sains yang lainnya.

Kata kunci : Literasi, Sains, Buku, Kurikulum 2013

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yulia Rizanna
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 26-01-2022 12:12
Terakhir diubah : 15-02-2022 16:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2376
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!