PENERAPAN METODE BOX – JENKINS UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PENUMPANG PESAWAT TERBANG INTERNASIONAL MELALUI PINTU KEDATANGAN PELABUHAN UDARA KUALANAMU SUMATERA UTARA

ARIANUS NAKHE (2022), PENERAPAN METODE BOX – JENKINS UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PENUMPANG PESAWAT TERBANG INTERNASIONAL MELALUI PINTU KEDATANGAN PELABUHAN UDARA KUALANAMU SUMATERA UTARA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Perubahan jumlah pengguna angkutan udara dipengaruhi oleh keamanan dan kenyamanan penerbangan, kelancaran serta pengaturan fasilitas dan pengembangan infrastruktur bandar udara, perlu adanya prediksi atau peramalan untuk mengetahui jumlah penumpang pesawat terbang internasional melalui pintu kedatangan pelabuhan udara kualanamu setiap tahunnya, agar semua kebijakan terkait pengembangan infrastruktur yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa yang akan datang dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hasil dan model terbaik untuk data jumlah penumpang sehingga membantu pihak pengelola bandar udara dalam mengantisipasi peningkatan penumpang dengan menggunakan metode Box-Jenkins. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diunduh dari laman resmi Badan Pusat Statistika Sumatera Utara. Hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah penumpang pesawat terbang internasional melalui pintu kedatangan pelabuhan udara Kualanamu memiliki model ARIMA (1,1,1) yang berarti bahwa prediksi jumlah penumpang pada bulan ke-t di pengaruhi oleh jumlah penumpang pada 1 bulan sebelumnya, jumlah penumpang pada 2 bulan sebelumnya, kesalahan peramalan pada 1 bulan sebelumnya dan kesalahan peramalan pada bulan ke-t. Hasil prediksi jumlah penumpang pada tahun 2021 adalah sebanyak 23.128 penumpang.

Kata kunci : Penumpang Pesawat, Metode Box-Jenkins, ARIMA, Prediksi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ARIANUS NAKHE
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 24-01-2022 16:27
Terakhir diubah : 11-03-2022 15:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2367
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!