ANALISIS KEDALA PROSES PEMBELAJARAN YANG DIHADAPI SISWA DA GURU MAN 1 LANGSA DI MASA PADEMI COVID-19

TRIA SYAFRILLIA (2021), ANALISIS KEDALA PROSES PEMBELAJARAN YANG DIHADAPI SISWA DA GURU MAN 1 LANGSA DI MASA PADEMI COVID-19 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Berdasarkan informasi dari masyarakat permasalahan proses pembelajaran di masa covid-19 menunjukan bahwa proses pembelajaran di rumah dengan bimbingan orang tua mengalami kendala-kendala. Kendala tersebut terjadi pada proses belajar mengajar secara daring maupun luring (konvensional) dengan menggunakan pergantian ship. Dengan ini peneliti mengambil judul “Analisis Kendala Proses Pembelajaran yang Dihadapi Siswa dan Guru MAN 1 Langsa di Masa Pandemi Covid-19”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa dan guru pada proses kegiatan belajar mengajar di masa COVID-19.Untuk mengetahui seberapa dan terendah yang dihadapi antara siswa dan guru pada proses pembelajaran di Masa COVID-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik observasi langsung datang ke sekolah MAN 1 Langsa, pengumpulan sampel secara random sampiling. Penelitian memberikan kuisoner secara online melalui aplikasi google.from kepada 2 guru biologi dan 100 siswa untuk menjawab angket, kemudian di analisis dengan menggunakan rumus deskriptif persentase dengan menggunakan tiga tahapan mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan). Kendala proses pembelajaran yang dihadapi siswa dan guru MAN 1 Langsa di masa COVID-19 adalah Kendala Sumber Daya Manusia, Kendala Sarana Prasarana Kendala Keterampilan dalam Penerapan Belajar, Kendala Proses Kegiatan Belajar Mengajar, Kendala Manajemen Waktu dan Kendala Proses Penilaian.Hasil yang diperoleh peneliti bahwa persentase terbesar adalah, kendala yang dihadapi siswa dan guru di masa covid-19 terdapat pada siswa. Dengan jawaban (Ya) persentase yang dinyatakan 71,58% dengan kriteria sebagian besar mengalami kendala. Jawaban 28,42% (Tidak) mengalami kendala dengan kriteria hampir setengahnya, pada proses pembelajaran di masa Pandemi COVID-19. Adapun saran yang diberikan peneliti sebagai berikut: Kepada siswa dan guru dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan sistem proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19.Diharapkan ada peneltian lanjutan untuk mencari solusi dari kendala.

Kata kunci : Kendala Guru, Kendala Siswa dan Kendala Proses Pembelajaran.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : TRIA SYAFRILLIA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 22-01-2022 15:42
Terakhir diubah : 10-02-2022 12:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2361
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!