PENGAMATAN MUTU BERAS BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) LOKAL ACEH

Ayu Lindasari (2022), PENGAMATAN MUTU BERAS BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) LOKAL ACEH. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu beras beberapa varietas padi (Oryza Sativa L.) lokal Aceh. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kota Langsa, Provinsi Aceh dan di Laboratorium Analisa Kimia Bahan Pangan Fakultas Pertanian Universitas Sumatra Utara, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara yang berlangsung dari bulan Oktober 2020 sampai Maret 2021.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan empat kali ulangan dan menggunakan beberapa varietas padi yang terdiri dari varietas Inpari 32, Sigupai, UA-11, Batuta dan Gaptas. Setiap jenis varietas padi di ambil sebanyak 3 kg per ulangan kemudian dilakukan penjemuran padi selama 3 hari, kemudian padi di giling pada alat mesin penggiling padi dan selanjutnya dilakukan pengamatan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu rendemen beras giling, rendemen beras kepala, persentase beras patah, persentase beras menir, kadar amilosa, suhu gelatinisasi beras, lama waktu layak makan dan nisbah penyerapan air nasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengamatan mutu beras beberapa varietas padi (Oryza Sativa L.) lokal Aceh berpengaruh sangat nyata terhadap rendemen beras giling, rendemen beras kepala, persentase beras patah, persentase iii beras menir, kadar amilosa, suhu gelatinisasi dan nisbah penyerapan air nasi. Sedangkan waktu layak makan tidak berpengaruh nyata terhadap beberapa varietas padi lokal Aceh. Pada penelitian ini dari 5 varietas, Varietas yang memiliki mutu beras yang baik dan telah memenuhi kriteria mutu beras standar SNI yaitu pada varietas Sigupai (V2) dan varietas Gaptas (V5).
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa pemilihan varietas padi lokal Aceh yang baik untuk dibudidayakan serta memiliki mutu beras yang baik dan masuk dalam kriteria standar SNI adalah varietas Sigupai (V2) dan varietas Gaptas (V5).

Kata kunci : Beras Lokal Aceh, Varietas, Mutu Beras

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ayu Lindasari
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 22-01-2022 10:45
Terakhir diubah : 18-02-2022 10:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2360
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!