PENGARUH JENIS DAN LAMA INKUBASI EKSTRAK MOLUSKISIDA NABATI TERHADAP WAKTU KEMATIAN DAN MORTALITAS HAMA KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA LAMARCK)

Hamida Aulia Adhari Margis (2022), PENGARUH JENIS DAN LAMA INKUBASI EKSTRAK MOLUSKISIDA NABATI TERHADAP WAKTU KEMATIAN DAN MORTALITAS HAMA KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA LAMARCK). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dari beberapa jenis tanaman terhadap waktu kematian dan mortalitas hama keong mas berdasarkan dari lama inkubasi ekstrak. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Samudra Langsa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2021.


Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu: faktor jenis moluskisida nabati (N) yang terdiri dari 5 taraf, yaitu: N0 = Air (Kontrol), N1 = Daun Mengkudu, N2 = Daun Nangka, N3 = Daun Sukun, N4 = Daun Nimba. Faktor lama inkubasi ekstrak (L) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu: L0 = Tanpa Inkubasi (Kontrol), L1 = Inkubasi 24 Jam, L2 = Inkubasi 48 Jam. Parameter yang diamati antara lain: mortalitas hama keong mas dan waktu kematian hama keong mas.


Hasil penelitian menunjukkan perlakuan jenis moluskisida nabati berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati. Perlakuan lama inkubasi ekstrak moluskisida nabati berpengaruh nyata terhadap parameter yang diamati. Interaksi antara jenis dan lama inkubasi ekstrak moluskisida nabati berpengaruh nyata terhadap parameter waktu kematian hama keong mas, sedangkan pada parameter mortalitas hama keong mas tidak berpengaruh  nyata. Perlakuan terbaik ditemukan pada aplikasi ekstrak daun mengkudu dengan tanpa inkubasi dan ekstrak daun nangka dengan lama inkubasi 24 jam.

Kata kunci : Moluskisida Nabati, Inkubasi, Keong Mas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Hamida Aulia Adhari Margis
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 21-01-2022 14:24
Terakhir diubah : 10-02-2022 15:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2352
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!