PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAM DAN JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT PORANG (AMORPHOPHALLUS ONCHOPHYLLUS)

Fathia rahayu (2022), PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAM DAN JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT PORANG (AMORPHOPHALLUS ONCHOPHYLLUS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan media tanam dan pengaruh jenis pupuk kandang terhadap pertumbuhan bibit porang dan untuk mengetahui interaksi yang terjadi antara perbandingan media tanam serta pupuk kandang.
           Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan dua faktor yang diteliti yaitu: Perlakuan perbandingan media tanam dengan 3 taraf, : M1 = Top soil + Pasir + Sekam padi (1:1:1), M2 = Top soil + Pasir + Sekam padi (1:1:2) dan M3 = Top soil + Pasir + Sekam padi (2:1:2). Perlakuan jenis pupuk kandang dengan 3 taraf, yaitu : P1 = pupuk kandang sapi, P2= pupuk kandang kambing dan P3 = pupuk kandang ayam. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman (cm) diamati pada umur 40, 50 dan 60 HST, diameter batang (cm) diamati pada 40, 50 dan 60 HST, jumlah daun (helai) diamati pada saat tanaman berumur 60 HST dan panjang akar terpanjang tanaman diamati pada saat tanaman berumur 60 HST.
         Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perbandingan media tanam berpengaruh nyata terhadap panjang akar terpanjang bibit porang umur 60 HST dan berpengaruh tidak nyata pada parameter lainnya umur 40, 50 dan 60 HST. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan M3 = 2:1:2 (top soil : pasir : sekam padi). Adapun perlakuan jenis pupuk kandang berpengaruh nyata pada diameter batang umur 50 HST dan berpengaruh nyata pada pengamatan tinggi tanaman 60 HST sedangkan pada parameter diameter batang dan panjang akar terpanjang berpengaruh sangat nyata umur 60 HST tetapi berpengaruh tidak nyata pada parameter jumlah daun. Hasil pengamatan terbaik diperoleh pada perlakuan P3 (pupuk kandang ayam).
        Interaksi perlakuan pebandingan media tanam dan jenis pupuk kandang berpengaruh sangat nyata pada parameter tinggi tanaman umur 60 HST tetapi tidak berpengaruh nyata pada parameter lainnya. Interaksi terbaik diperoleh pada perlakuan kombinasi M3P2 perbandingan media tanam top soil : pasir : sekam padi (2:1:2) dan jenis pupuk kandang kambing.
        Berdasarkan dengan hasil penelitian untuk mendapatkan pertumbuhan bibit porang terbaik di sarankan menggunakan perbandingan media tanam top soil : pasir : sekam padi (2 : 1 : 2 ) dan menggunakan jenis pupuk kandang ayam 20 ton/ha.

Kata kunci : Porang, Media, dan Pupuk

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fathia rahayu
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 21-01-2022 10:14
Terakhir diubah : 23-02-2022 10:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2343
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!