ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBENIHAN UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI) SKALA RUMAH TANGGA PADA HATCHERY DI DESA KUALA BEUKAH KECAMATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

Maina (2022), ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBENIHAN UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI) SKALA RUMAH TANGGA PADA HATCHERY DI DESA KUALA BEUKAH KECAMATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta untuk mengetahui strategi yang harus dilakukan dalam pengembangan Usaha Pembenihan Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Skala Rumah Tangga Pada Hatchery di Desa Kuala Beukah Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Lokasi penelitian di tentukan secara purposive (sengaja). Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam menyusun penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threaths). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha berdasarkan matriks SWOT mendapatkan 8 alternatif strategi yaitu terdapat dua StrategiSO, dua Strategi ST, dua Strategi WO, dan dua Strategi WT.Sedangkan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha pembenihan udang vaname skala rumah tangga pada hatchery di Desa Kuala Beukah Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur berdasarkan analisis QSPM didapatkan hasil Meningkatkan kualitas produk benih udang vaname bersertifikat sehingga dapat meningkatkan jumlah permintaan benih dari petambak budidaya udang vaname. Saran dalam penelitian ini yaitu pengusaha pembenihan udang vaname skala rumah tangga pada hatchery mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya, melakukan pelayananan yang baik terhadap pelanggan agar usaha pembenihan udang vaname skala rumah tangga pada hatchery dapat mengembangkan akses pemasaran agar penjualan produk meningkat dengan memanfaatkan faktor peluang yang ada.

Kata kunci : Udang Vaname, SWOT, Hatchery, Strategi Pengembangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Maina
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 14-01-2022 16:44
Terakhir diubah : 31-01-2022 16:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2331
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!