PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA LANGSA

NURMASYITHAH (2020), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Beberapa fakta dalam dunia pendidikan menunjukan bahwa tidak sedikit dari peserta didik yang masih memiliki hasil belajar rendah. Hal yang paling berpengaruh dari hasil belajar peserta didik disebabkan kurangnya pemahaman konsep dalam materi yang dipelajari oleh peserta didik. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga untuk melihat pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran generatif menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep peserta didik SMP Negeri 5 Langsa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Langsa dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII3 SMP Negeri 5 Langsa. Hasil penelitian ini yaitu Pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran generatif pada materi getaran dan gelombang lebih tinggi dibandingkan sebelum dilakukan pembelajaran dengan rata-rata nilai pretest sebesar 34,8 dan posttest sebesar 77,3. Perhitungan uji hipotesis menunjukkan perbandingan thitung > ttabel yaitu sebesar 3,48 > 1,729. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dengan penerapan model pembelajaran generatif terhadap pemahaman konsep siswa pada kelas VIII3 di SMP Negeri 5 Langsa 2018/2019.

Kata kunci : model pembelajaran generatif, pemahaman konsep

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NURMASYITHAH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2020)
Tanggal disimpan : 12-01-2022 17:28
Terakhir diubah : 22-02-2022 09:46
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2326
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!