Pencarian
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII
Tasya Ismawarni (2021),
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Kemampuan koneksi matematis siswa merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki setiap siswa dalam aspek pembelajaran matematika. Namun pada fakta dilapangan masih banyak terdapat siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis yang masih rendah. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang mengaitkan matematika dengan manfaatnya dan siswa juga masih jarang mengaitkan konsep matematika yang satu dengan yang lainnya bahkan dalam bidang lain, serta siswa juga sering lupa dengan pelajaran yang sudah lalu ketika siswa diberi pelajaran yang baru. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi aritmetika sosial untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
Pada penelitian ini juga memiliki tujuan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian yang akan dilaksanakan yaitu untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP Kelas VII pada materi aritmetika sosial setelah diajarkan dengan pembelajaran berbasis etnomatematika.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian kelas VII-1 SMP Negeri 3 Darul Aman yang berjumlah 14 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VII setelah implementasi pembelajaran berbasis etnomatematika.
Saran yang diajukan untuk sekolah yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan dan masukkan bagi sekolah dan guru untuk menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Untuk guru sebagai tambahan ide kreatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dengan menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika. Untuk siswa diharapkan lebih semangat lagi dalam belajar setelah diterapkan pembelajaran berbasis etnomatematika didalam kelas, untuk peneliti lain dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dan masukkan agar penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.
Kata kunci : Etnomatematika, Kemampuan Koneksi Matematis, Aritmetika SosialFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Tasya Ismawarni |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Matematika (2021) |
Tanggal disimpan | : 11-01-2022 10:20 |
Terakhir diubah | : 22-02-2022 13:01 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2021 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2309 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |