IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII

Tasya Ismawarni (2021), IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan koneksi matematis siswa merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki setiap  siswa dalam aspek pembelajaran  matematika.  Namun pada fakta dilapangan masih banyak terdapat siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis yang masih rendah. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang mengaitkan  matematika  dengan  manfaatnya   dan  siswa   juga masih   jarang mengaitkan konsep matematika yang satu dengan yang lainnya bahkan dalam bidang lain, serta siswa juga sering lupa dengan pelajaran yang sudah lalu ketika siswa diberi pelajaran yang baru. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah  tersebut  yaitu  dengan mengimplementasikan  pembelajaran  berbasis etnomatematika pada materi aritmetika sosial untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.


Pada   penelitian   ini   juga memiliki   tujuan   untuk menjawab rumusan masalah  dalam  penelitian  yang akan dilaksanakan  yaitu  untuk menganalisis apakah terdapat  peningkatan kemampuan koneksi  matematis  siswa  SMP  Kelas VII pada materi aritmetika sosial setelah diajarkan dengan pembelajaran berbasis etnomatematika.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian kelas VII-1 SMP Negeri 3 Darul Aman yang berjumlah 14 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan  data  yang digunakan  adalah  dengan menggunakan  pre-test  dan post-test.


Berdasarkan  hasil  penelitian  menunjukkan bahwa terdapat  peningkatan kemampuan koneksi  matematis  siswa  SMP  kelas VII  setelah implementasi pembelajaran berbasis etnomatematika.


Saran  yang diajukan  untuk sekolah yaitu  hasil  penelitian  ini  diharapkan sebagai  bahan pertimbangan  dan masukkan  bagi  sekolah  dan guru untuk menggunakan  pembelajaran   berbasis   etnomatematika   untuk  meningkatkan kemampuan koneksi  matematis  siswa.  Untuk  guru sebagai tambahan  ide  kreatif bagi  guru dalam  melaksanakan  pembelajaran  di  kelas  dengan menggunakan pembelajaran  berbasis  etnomatematika.  Untuk  siswa  diharapkan  lebih semangat lagi  dalam  belajar  setelah diterapkan  pembelajaran  berbasis  etnomatematika didalam kelas, untuk peneliti lain dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan   dan  masukkan  agar   penelitian   ini   dapat   diteruskan   dan dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Etnomatematika, Kemampuan Koneksi Matematis, Aritmetika Sosial

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tasya Ismawarni
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 11-01-2022 10:20
Terakhir diubah : 22-02-2022 01:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2309
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!