FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI (STUDI PADA SKPK DI KOTA LANGSA)

Teuku Muhammad Nuzul Akmal (2022), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI (STUDI PADA SKPK DI KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, dan Perilaku Tidak Etis terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (studi pada SKPK di Kota Langsa). Pemilihan sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu 30 SKPK di Kota Langsa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner ke 90 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan realibitas, uji asumsi klasik, uji regreasi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 22 sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keefektifan Pengendalian Internal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi, (2) Ketaatan Aturan Akuntansi bepengaruh negatif dan signifikan terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi, (3) Perilaku Tidak Etis berpengaruh positif dan signifkan terhadap Kecenderungan Akuntansi (4) Secara simultan Keefektifan Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi dan Perilaku Tidak Etis berpengaruh dan signifkan terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi.


 

Kata kunci : Keefektifan Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, Perilaku Tidak Etis, Kecenderungan Kecurangan Akuntansi, SKPK, Langsa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Teuku Muhammad Nuzul Akmal
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2022)
Tanggal disimpan : 07-01-2022 16:45
Terakhir diubah : 07-02-2022 11:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2306
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!