FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA LANGSA

Azrulfuziansyah (2020), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Latar Belakang pendidikan (X1), Pemahaman Teknologi Informasi (X2) dan Ukuran Usaha (X3) terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Langsa. Sampel penelitian diambil dengan metode stratified sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 73 responden. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear berganda dengan Y= 3.281 + 0.009X1 + 0.677X2 + 0.146 X3. Hasil uji t menunjukan bahwa Pemahaman Teknologi Informasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan  Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) sedangkan Latar Belakang pendidikan (X1) dan Ukuran Usaha (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan  Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Hasil uji koefisisen deternimasi menunjukkan kontribusi variabel Latar Belakang pendidikan (X1), Pemahaman Teknologi Informasi (X2) dan Ukuran Usaha (X3) mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan  Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) sebesar 43.4 % sisanya sebesar 56.6 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Penerapan SAK ETAP, Latar Belakang Pendidikan, Pemahaman Teknologi Informasi, dan Ukuran Usaha, UMKM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Azrulfuziansyah
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2020)
Tanggal disimpan : 07-01-2022 15:47
Terakhir diubah : 15-02-2022 16:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2304
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!