STRATEGI PENERAPAN INTENSIFIKASI UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH (ORYZA SATIVA, L) DI KECAMATAN BENDAHARA KABUPATEN ACEH TAMIANG

Ibnuh Jasa (2022), STRATEGI PENERAPAN INTENSIFIKASI UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH (ORYZA SATIVA, L) DI KECAMATAN BENDAHARA KABUPATEN ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian mencarai prioritas strategi penerapan intensifikasi dalam meningkatkan produktivitas padi sawah di Kecamatan Bendahara. Penelitian ini menggunakan metode survei. Objek penelitian ini adalah petani padi di Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada strategi peningkatan produktivitas usahatani padi sawah untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Treath). Responden dari petani padi sawah sebanyak 30 orang dan responden dari tokoh kunci sebanyak 5 orang.


Hasil penelitian prioritas strategi yang diperoleh adalah Melakukan intensifikasi sistim budidaya padi sawah pada kelompok tani dengan pemanfaatan mekanisasi pertanian (SO1), Merekondisi lahan sawah yang ada dengan penerapan teknologi tepat guna (SO2), Menjaga kawasan mangrove, penggunaan pestisida dan pupuk sesuai anjuran (WT2), Memperbaiki saran transportasi dan penggunaan varietas unggul dengan harga jual gabah yang layak (WO2), Peraturan yang tegas tentang alih fungsi lahan sawah (ST1), Melakukan irigasi pompanisasi untuk sawah tadah hujan (WT1), Penyuluhan yang kontinyu, pemerataan bantuan saprotan dan pemeliharaan infrastruktur irigasi (WO1), Melibatkan akademisi yang kompeten untuk mempertahankan kualitas lahan dan metode peningkatan produktivitas usahatani padi sawah (ST2). Urutan teratas adalah strategi melakukan intensifikasi sistim budidaya padi sawah pada kelompok tani dengan pemanfaatan mekanisasi pertanian dengan nilai STAS 5,933. Penjelasan dari prioritas strategi tersebut adalah peningkatan produktivitas padi sawah di Kecamatan Bendahara dilakukan dengan penerapan intensifikasi budidaya padi sawah itu sendiri. Intensifikasi budidaya padi sawah bertujuan untuk memaksimalkan produksi dengan luas lahan tertentu dengan cara penerapan teknologi.

Kata kunci : Padi Sawah, Produktivitas, Strategi, Intensifikasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ibnuh Jasa
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2022)
Tanggal disimpan : 06-01-2022 18:00
Terakhir diubah : 12-01-2022 17:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2296
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!