FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSISTENSI UMKM DENGAN BANTUAN PEMERINTAH UNTUK USAHA MIKRO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA LANGSA)

Ananda Intan Sari (2022), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSISTENSI UMKM DENGAN BANTUAN PEMERINTAH UNTUK USAHA MIKRO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman berwirausaha dan sistem pengelolaan keuangan terhadap eksistensi UMKM dengan bantuan pemerintah untuk usaha mikro sebagai variabel moderasi (Studi kasus pada UMKM di Kota Langsa). Populasi penelitian ini adalah para pelaku UMKM di Kota Langsa sebanyak 23.079 pelaku UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling serta dalam menentukan sampel digunakan rumus slovin. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan dianalisis dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman berwirausaha berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap eksistensi UMKM, sistem pengelolaan keuangan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap eksistensi UMKM, bantuan pemerintah untuk usaha mikro berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap eksistensi UMKM, bantuan pemerintah untuk usaha mikro tidak dapat memoderasi pengaruh pengalaman berwirausaha secara positif dan signifikan terhadap eksistensi UMKM, bantuan pemerintah untuk usaha mikro dapat memoderasi pengaruh sistem pengelolaan keuangan secara positif dan signifikan terhadap eksistensi UMKM, bantuan pemerintah untuk usaha mikro dapat memoderasi pengaruh pengalaman berwirausaha dan sistem pengelolaan keuangan secara positif dan signifikan terhadap eksistensi UMKM.

Kata kunci : pengalaman berwirausaha, sistem pengelolaan keuangan, bantuan pemerintah untuk usaha mikro,eksistensi UMKM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ananda Intan Sari
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2022)
Tanggal disimpan : 03-01-2022 10:53
Terakhir diubah : 05-01-2022 09:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2280
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!