NILAI – NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN SULTANAH NURUL ALAM NAQIYATUDDIN SYAH DI KERAJAAN ACEH DARUSSALAM TAHUN 1675 – 1678

Agnes pratiwi (2022), NILAI – NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN SULTANAH NURUL ALAM NAQIYATUDDIN SYAH DI KERAJAAN ACEH DARUSSALAM TAHUN 1675 – 1678. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sultanah Nurul Alam Naqiyatuddin Syah adalah puteri Malik Radiyat Syah yang memimpin Kesultanan Aceh Darussalam selama 3 tahun.Hal penting dan fundamental adalah melakukan perubahan terhadap Undang-Undang Dasar Kerajaan Aceh atau Qanun Meukuta Alam.Pada masa kepemimpinan Sultanah Nurul Alam Naqiyatuddin Syah, terjadi kebakaran hebat yang menghabiskan harta kekayaan kerajaan oleh kaum wujudiyah yang menginginkan turunnya tahta kerajaan yang dipimpin oleh seorang perempuan.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kerajaan Aceh Darussalam dibawah kepemimpinan Sultanah Nurul Alam Naqiyatuddin Syah dan untuk mengetahui nilai-nilai karakter kepemimpinan yang dijalankan Sultanah Nurul Alam Naqiyatuddin Syahpada masa kepemimpinannya.


Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode historis sehingga langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi.


Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa semasa kepemimpinan Sultanah Nurul Alam Naqiyatuddin Syah banyak menghadapi konflik yaitu dari kelompok wujudiyah. Pada masa ini juga terjadi perubahan Undang-Undang Dasar Kerajaan Aceh Darussalam yang dikenal dengan Qanun Meukuta Alam, diantaranya pembentukan Tiga Sagi untuk tetap mempertahankan dan memperkuat posisinya sebagai Sultanah di Kerajaan Aceh Darussalam. Sultanah Nurul Alam Naqiyatuddin Syah memiliki karakter kepemimpinan yang kreatif, cerdas, toleransi dan tenggangrasa serta tegas dan bijaksana. Hal ini terlihat dari dibuatnya Qanun Meukuta Alam sebagai bentuk perlindungan kerajaan dari ancaman kelompok-kelompok yang ingin menjatuhkan tahtanya dari kerajaan Aceh Darussalam.


Akhirnya penulis menyarankan agar ada penulis yang meneliti tentang sultanah-sultanah lainnya di kerajaan Aceh Darussalam berikut dengan keturunan-keturunan para Sutanah. Semoga apa yang ditulis bermanfaat bagi penulis dan para pembaca.

Kata kunci : Nilai Karakter, Kepemimpinan, Sultanah, Kerajaan Aceh Darussalam

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Agnes pratiwi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 02-01-2022 16:43
Terakhir diubah : 28-03-2022 10:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2275
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!