PENGARUH PERENCANAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DENGAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SMPN DI KOTA LANGSA

Malahayati (2022), PENGARUH PERENCANAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DENGAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SMPN DI KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan dan pertanggungjawaban terhadap pengelolaan dana bantuan operasional sekolah dengan partisipasi komite sekolah sebagai variabel moderasi Pada SMPN di Kota Langsa. Populasi penelitian yaitu SMPN di Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Stratified Random Sampling.Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 65 responden. Data yang diproleh kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science) Metode yang digunakan adalah penelitian kuntitatif dan dianalisis dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana bos, pertanggungjawaban berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap pengelolaan dana bos, partisipasi komite sekolah berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap pengelolaan dana bos, partisipasi komite sekolah tidak dapat memoderasi pengaruh perencanaan terhadap pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) partisipasi komite sekolah dapat memoderasi pengaruh pertanggungjawaban terhadap pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS), secara positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana (BOS), partisipasi komite sekolah tidak dapat memoderasi pengaruh perencanaan dan pertanggungjawaban terhadap pengelolaan dana  bantuan operasional sekolah (BOS).

Kata kunci : Perencanaan, Pertangungjawaban, Partisipasi Komite Sekolah Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Malahayati
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2022)
Tanggal disimpan : 29-12-2021 10:54
Terakhir diubah : 23-02-2022 11:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2267
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!