KONDISI SOSIAL EKONOMI PEKERJA INDUSTRI IKAN ASIN DI GAMPONG SUNGAI PAUH PUSAKA KOTA LANGSA PADA MASA PANDEMI

Edy Candra Sidabutar (2021), KONDISI SOSIAL EKONOMI PEKERJA INDUSTRI IKAN ASIN DI GAMPONG SUNGAI PAUH PUSAKA KOTA LANGSA PADA MASA PANDEMI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi pekerja industri ikan asin di Gampong Sungai Pauh Pusaka Kota Langsa pada masa pandemi dengan populasi sebanyak 30 pekerja, sekaligus sampelnya. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, observasi, studi dokumentasi dan dianalisa dengan metode deskriptif kuantitatif.


            Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Keadaan tempat tinggal/permukiman yang dimiliki pekerja industri ikan asin di Gampong Sungai Pauh Pusaka Kota Langsa pada masa pandemi cukup baik dengan bangunan non-permanen namun cukup layak dan nyaman di tempati oleh pekerja dan status kepemilikan rumah milik sendiri. 2). Tingkat pendidikan responden pada umumnya sangat rendah, karena sebagian besar dari mereka (66,67%) hanya tamat Sekolah Dasar, (20%) SMP, (10%) SMA dan hanya (3,33%) yang tamat Perguruan Tinggi sehingga belum mampu menyerap teknologi modern. 3). Jumlah tanggungan keluarga 3 - 4 orang sebanyak 50% dari 30 pekerja dan tanggungan ini merupakan tanggungan kecil menurut penjelasan Ahmadi dalam Nurlaila Hanum, (2018) bahwa jumlah tanggungan kecil adalah apabila jumlah tanggungan Rp. 1.000.000/orang/bulan. Saran dalam penelitian ini ialah agar lebih memperhatikan keadaan sosial ekonomi pekerja industri ikan asin Gampong Sungai Pauh Pusaka Kota Langsa

Kata kunci : Kondisi sosial ekonomi, pekerja industri ikan asin

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Edy Candra Sidabutar
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 23-12-2021 11:08
Terakhir diubah : 07-03-2022 15:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2227
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!