ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI ADIT & SOPO JARWO

Irvan Syahrizal (2021), ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI ADIT & SOPO JARWO. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

       Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan selama magang 2 dan magang 3, peneliti menemukan kurangnya sikap bersyukur terhadap sesuatu yang ia dapatkan, tidak mau membantu teman yang sedang berada dalam kesulitan, kurangnya kerja sama dalam kegiatan kelompok belajar atau bermain, berbohong dalam mengerjakan tugas sekolah, dan tidak suka jika ia kalah dalam suatu permainan. Berbagai bentuk penanaman nilai karakter positif secara menyenangkan dapat dilakukan kepada anak. Salah satu caranya dengan mengajak anak untuk menonton film animasi. Dengan adanya perkembangan anak dalam melihat film animasi, anak dapat menirukan apapun yang yang dilakukan oleh karakter film animasi tersebut.. Film animasi Adit & Sopo Jarwo merupakan karya anak bangsa Indonesia yang patut mendapatkan apresiasi. Film animasi ini sangat diminati oleh anak-anak dan telah mendapatkan banyak penghargaan.


       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menginformasikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Film Animasi Adit & Sopo Jarwo.


       Metode yang digunakan adalah analisis Konten dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Margaret R. Roller dan Paul J. Lavrakas, yang terdiri dari 8 tahap yaitu absord content, determine unit of analysis, develop unique codes, conduct preliminary coding, code content, identify categories across codes, identify themes/patterns across categories, dan draw interpretations and implications.


       Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam Film Animasi Adit & Sopo Jarwo terkandung 7 nilai karakter yaitu yaitu (1) Nilai karakter religius, (2) Nilai karakter jujur, (3) Nilai karakter kreatif, (4) Nilai karakter rasa ingin tahu, (5) Nilai karakter menghargai prestasi, (6) Nilai karakter bersahabat/ komunikatif, dan (7) Nilai karakter peduli sosial.


       Disarankan kepada guru, mempertimbangkan dalam memilih film animasi ini yang sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga memudahkan dalam menanamkan nilai karakter siswa di kelas. Disarankan kepada orang tua, mempertimbangkan dalam memilih film animasi ini sehingga memudahkan dalam menanamkan nilai karakter anak di rumah. Disarankan kepada lembaga pendidikan, menjadi salah satu sumber belajar dalam membantu dan menanamkan nilai karakter baik di sekolah. Disarankan kepada peneliti selanjutnya, menjadi acuan agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam film animasi tersebut. Disarankan kepada pembaca, memahami dan mengerti dengan baik dan benar mengenai nilai-nilai karakter yang terkandung dalam film animasi ini dan dapat memajukan film animasi karya anak bangsa.


 

Kata kunci : Nilai Karakter, Film Animasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Irvan Syahrizal
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 22-12-2021 17:05
Terakhir diubah : 24-01-2022 01:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2224
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!