PENGGUNAAN JAM SUDUT MELALUI METODE EDUTAINMENT (EDUCATION AND ENTERTAINMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT

Cut Liza azanna (2020), PENGGUNAAN JAM SUDUT MELALUI METODE EDUTAINMENT (EDUCATION AND ENTERTAINMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Matematika merupakan pelajaran yang kurang disenangi oleh siswa. Karena matematika dianggap pelajaran yang sulit dipahami siswa. Akibatnya mereka tidak hanya akan kesulitan dalam mempelajari matematika, tetapi juga akan berdampak buruk pada hasil tes belajarnya. Garis dan sudut menjadi salah satu pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Salah satu cara agar siswa mendapatkan nilai yang baik terhadap hasil belajarnya yaitu dengan memanfaatkan alat peraga jam sudut melalui metode Edutainment dan bertujuan untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran garis dan sudut.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut apakah ada peningkatan setelah menggunakan jam sudut melalui metode Edutainment.


Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimene One-Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas VII SMP Negeri 12 Langsa yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 76 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.3 SMP Negeri 12 Langsa yang berjumlah 20 siswa yang ditentukan dengan teknik sampling Proportionate Stratifed Random.


ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut setelah menggunakan jam sudut melalui metode Edutainment. berdasarkan hasil analisis dan uji statistik serta pembahasan maka disimpulkan yaitu hasil uji hipotesis diperoleh pada taraf signifikan 95% nilai t=16,52 >  = 1,729 maka  ditolak dan  diterima.Artinya hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut meningkat setelah menggunakan jam sudut melalui metode Edutainment.


       diharapkan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan metode pembelajaran Edutainment (Education and Entertainment) sebagai model pembelajaran alternative dalam pembelajaran matematika. Dikarenakan penggunaan metode Edutainment (Education and Entertainment) dapat meningkatkan kemampuan akademis siswa dan juga dapat meningkatkan semangat belajar siswa pada proses pembelajaran.


 


 


 


 

Kata kunci : Jam Sudut, Metode Edutainment, Hasil Belajar, Garis dan Sudut.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Cut Liza azanna
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2020)
Tanggal disimpan : 21-12-2021 11:14
Terakhir diubah : 21-12-2021 04:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2218
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!