NILAI-NILAI KARAKTER CUT NYAK DHIEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBENTUKAN NASIONALISME DAN PATRIOTISME PADA MASA PERANG ACEH (TAHUN 1850-1908)

Rahmadaniati (2022), NILAI-NILAI KARAKTER CUT NYAK DHIEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBENTUKAN NASIONALISME DAN PATRIOTISME PADA MASA PERANG ACEH (TAHUN 1850-1908). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Skripsi ini berjudul “NILAI-NILAI KARAKTER CUT NYAK DHIEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBENTUKAN NASIONALISME DAN PATRIOTISME PADA MASA PERANG ACEH(TAHUN 1850-1908).”Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Bagaimana Karakter pada diri Cut Nyak Dhien dan Bagaimana Pengaruh nilai-nilai karakter Cut Nyak Dhien dalam pembentukan nasionalisme dan patriotisme pada masa perang Aceh (Tahun 1850-1908).Untuk Mengetahui Karakter dari Cut Nyak Dhien Penulis menggunakan metode Penelitian historis-faktual, karena penulis meneliti tentang tokoh dan pemikirannya, serta deskriptif-analisis dalam mengungkap Karakter Cut Nyak Dhien.Adapun Nilai dari karakter dari Cut Nyak Dhien yaitu; Perempuan yang sangat tangguh dan pantang menyerah walau banyak rintangan yang menghalangi Cut Nyak Dhien tetap memperjungkan Rakyat aceh Setelah periode sulit pembebasan diri dari kesedihan, Cut Nyak Dhien berupaya membangun kehidupan yang baru. Kini jalan untuk menjadi pejuang Aceh terbentang lebar. Jika sebelumnya ia hanya bisa memberi nasehat, menyumbang harta benda dan mengamati perkembangan perang dari jauh, maka inilah waktu yang tepat untuk memulai perlawanannnya. Dalam perang Aceh, pahlawan wanita memiliki posisi tersendiri. Cut Nyak Dhien merupakan salah satu pahlawan Aceh yang terkenal dalam perlawanannya melawan penjajah kolonial Belanda.

Kata kunci : Nilai, Cut Nyak Dhien, Perang Aceh

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rahmadaniati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 20-12-2021 16:16
Terakhir diubah : 14-06-2022 10:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2208
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!