ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM DI KOTA KUALA SIMPANG PADA MASA NEW NORMAL (STUDI KASUS ANGKUTAN UMUM KUALA SIMPANG – PANGKALAN BRANDAN)

Rahmad Junaidi (2022), ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM DI KOTA KUALA SIMPANG PADA MASA NEW NORMAL (STUDI KASUS ANGKUTAN UMUM KUALA SIMPANG – PANGKALAN BRANDAN) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Angkutan umum adalah salah satu moda transportasi yang menghubungkan kawasan satu dengan kawasan lain dengan sisitem sewa atau berbayar sesuai jarak dan tujuan yang di kehendaki.  Pelayanan pada angkutan umum ini sendiri khususnya pada trayek Kota Kuala Simpang – Pangkalan Brandan hanya untuk melayani aktifiktas perpindahan penduduk dengan trayek yang sangat terbatas. Data yang didapat digunakan untuk melihat  kinerja angkutan umum itu sendiri dari tiap tingkat pelayanan load faktor, kecepatan rata-rata serta waktu perjalanan, Dari latar belakang diatas didapat rumusan masalah yaitu Bagaimana Pelayanan angkutan umum di Kota Kuala Simpang rute Kuala Simpang-Pangkalan Brandan dan Apakah Hasil telah memenuhi standar yang telah di rekomendasikan World Bank dan Kementrian Perhubungan Darat. Metode yang digunakan yaitu metode deskriftif untuk menggambarkan masalah yangterjadi pada masa sekarang atau sedang berlangsung bertujuan nuntuk medeskripsikan apa-apa yang terjadi. Hasil dari faktor muat tertinggi mencapai 10.15%. Masih tergolong jauh dari nilai faktor muat yang telah direkomedasikan oleh ketetapan kementrian perhubungan darat yaitu 70%. Sedangkan untuk kecepatan 37 km/jam dan panjang lintasan mencapai 54 km sudah sesuai dengan Standar pelayanan minimal (SPM) dari peraturan Menteri Perhubungan No.PM.10 tahun 2012 tentang standar minimal angkutan massal berbasis jalan dengan ketentuan yang dinilainya di waktu puncak maksimal 30 km/jam dan waktu non puncak maksimal 50 km/jam. waktu perjalanan sudah sesuai dengan peraturan yang ada dengan waktu tempuh rata-rata 87 menit, standarnya yaitu 60-90 menit.Sedangkan untuk kualitas pelayanan pada angkutan umum dengan hasil tertinggi mencapai 5171 masuk pada kategori kinerja yang baik, dengan rentan jarak  4893 – 5895.

Kata kunci : Pelayanan, angkutan, Kualitas ,waktu, kenyamanan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rahmad Junaidi
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2022)
Tanggal disimpan : 17-12-2021 11:18
Terakhir diubah : 16-03-2022 15:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2188
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!