ANALISIS SIKAP ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP PRAKTIKUM PEMBUATAN BIODIESEL

Lola Pratiwi (2021), ANALISIS SIKAP ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP PRAKTIKUM PEMBUATAN BIODIESEL. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

     Sikap ilmiah merupakan pondasi awal dalam menciptakan seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Dalam pembelajaran fisika dapat melakukan suatu proses berupa penemuan dan pembentukan sikap ilmiah. Sehingga untuk menganalisis sikap ilmiah mahasiswa program studi pendidikan fisika dilakukan kegiatan praktikum pembuatan biodiesel.


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah mahasiswa program studi Pendidikan Fisika terhadap praktikum pembuatan biodiesel. Mengingat bahwa sikap ilmiah sangat diperlukan dalam pembelajaran praktikum. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap ilmiah mahasiswa program studi Pendidikan fisika terhadap praktikum pembuatan biodiesel.


     Metodelogi dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner skala likert, sampel pada penelitian ini ialah mahasiswa program studi Pendidikan Fisika angkatan 2018 yang berjumlah 19 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Untuk tahap penelitiannya peneliti membagikan angket kepada mahasiswa dan kemudian di analisis menggunakan statistic deskritif dalam bentuk persentase.


   Berdasarkan hasil penelitian, persentase pada aspek sikap ingin tahu tingkatannya sebesar 88,07% dikategorikan sangat baik dengan sebagian besar jumlah mahasiswa yaitu 51,55%, pada aspek rasa peduli terhadap fakta/data tingkatannya sebesar 88,42% dikategorikan sangat baik dengan sebagian besar jumlah mahasiswa yaitu 51,75%, pada aspek sikap berpikir kritis tingkatannya sebesar 82,45% dikategorikan sangat baik dengan hampir setengahnya jumlah mahasiswa yaitu 48,64%, pada aspek berpikir terbuka tingkatannya sebesar 87,36% dikategorikan sangat baik dengan sebagaian besar jumlah mahasiswa yaitu 54,57%, pada aspek sikap ketekunan tingkatannya sebesar 85,61% dikategorikan sangat baik dengan hampir setengahnya jumlah mahasiswa yaitu 43,30%, dan untuk keseluruhan persentase dari sikap ilmiah tingkatannya sebesar 86,24% dikategorikan sangat baik dengan hampir setengahnya jumlah mahasiswa yaitu 49,83%



    Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan petimbangan dan masukkan bagi dosen agar sebaiknya lebih mengembangkan sikap ilmiah mahasiswa dalam pembelajaran, juga pada peneliti lain perlu hendaknya dapat mengembangkan indikator-indikator disetiap aspek sikap ilmiah yang telah dilakukan dalam penelitian ini.

Kata kunci : Sikap Ilmiah, Praktikum, Biodiesel

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lola Pratiwi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 16-12-2021 12:26
Terakhir diubah : 06-01-2022 12:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2181
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!