PEWARISAN SEJARAH MELALUI ADAT SAURMATUA DI DOLOKSANGGUL, KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN, PROVINSI SUMATERA UTARA

Indah Sari Manullang (2021), PEWARISAN SEJARAH MELALUI ADAT SAURMATUA DI DOLOKSANGGUL, KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN, PROVINSI SUMATERA UTARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kebudayaan merupakan salah satu kebiasan yang dilakukan sekelompok masyarakat yang mengandung sistem gagasan, tindakan, dan merupakan hasil karya manusia yang menjadi salah satu dasar penting didalam kehidupan manusia dan dilaksanakan secara turun-temurun serta dimiliki setiap kelompok masyarakat terutama masyarakat Batak Toba. Masalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu, Bagaimana sejarah munculnya adat Saurmatua pada masyarakat Batak Toba di Doloksanggul  Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatra Utara? Bagaimana proses pelaksanaan adat Saurmatua  pada masyarakat Batak Toba di Doloksanggul  Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatra Utara? Bagaimana bentuk pewarisan nilai budaya melalui adat Saurmatua pada masyarakat Batak Toba di Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatra Utara?


Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimanakah sejarah adat Saurmatua dalam masyarakat Batak Toba di Doloksanggul, untuk mengetahui pelaksanaan adat Saurmatuadalam masyarakat Batak Toba di Doloksanggul dan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai yang diwariskan dalan upacara Saurmatua masyarakat Batak Toba di Doloksanggul. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam  penyelesaian skripsi ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan antropologi melalui metode etnografi, disamping itu penulis menggunakan teknik penelitian yaitu Field Research atau penelitian lapangan dan Library Research atau penelitian perpustakaan dengan membaca buku-buku yang dapat menjadi sumber pendukung dalam peulisan skripsi ini.


Hasil penelitian ini adalah sejarah adat Saurmatua yang terjadi karena diwariskan oleh nenek moyang orang Batak Toba, adanya karena ingin membuat penghormatan terakhir kepada orang tua, dan adanya karena melaksanakan titah kelima yang ada pada ajaran Kristen Protestan. Tahapan dalam pelaksanaan adat Saurmatua ini dimulai pada tahap awal  terdiri dari pasada tahi, acara paoppohon/mompo, martonggo raja dan acara manortori mayat. Tahap pelaksanaan (acara pesta besar),  yang terdiridari tahap manambol, tahap acara kata duka cita dari keluarga, tahap acara manortor di alaman, acara manaruhon tu udean, acara makan bersama, acara pembagian jambar hingga selesainya acara adat Saurmatua. Dan ada juga nilai-nilai yang diwariskan dalam pelaksanaan adat Saurmatua ini mengandung empat nilai penting seperti nilai agama, nilai sosial, nilai moral dan nilai adat.


            Akhirnya penulis menyarankan kepada masyarakat Batak Toba khusunya generasi muda marilah sama-sama kita jaga adat tradisi budaya kita yang telah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang kita, jangan sampai tradisi itu hilang digerus oleh perkembangan zaman yang semakin maju.

Kata kunci : Kebudayaan, Adat Saurmatua, Pelaksanaan Adat, dan Nilai-nilai yang diwariskan pada pelaksanaan adat Saurmatua.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Indah Sari Manullang
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2021)
Tanggal disimpan : 16-12-2021 12:14
Terakhir diubah : 11-02-2022 16:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2177
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!