ANALISIS KERENTANAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PULONAS KECAMATAN BABUSSALAM KABUPATEN ACEH TENGGARA TERHADAP BAHAYA BANJIR BANDANG

Nur Ajijah (2021), ANALISIS KERENTANAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PULONAS KECAMATAN BABUSSALAM KABUPATEN ACEH TENGGARA TERHADAP BAHAYA BANJIR BANDANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Desa Pulonas rmerupakan salah satu gampong yang ada di Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Desa Pulonas salah satu tempat yang seringkali terjadinya banjir bandang, karena adanya daerah aliran sungai yang tersumbat dan penebangan hutan di sekitar lokasi terjadinya banjir bandang. Desa Pulonas terletak di sepanjang aliran Sungai dan Pegunungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerentanan Sosial terhadap bahaya banjir di Desa Pulonas kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerentanan sosial masyarakat desa pulonas terhadap bahaya banjir bandang berjumlah 0,50% yang termasuk dalam kategori kelas sedang, yang di sebabkan oleh beberapa faktor (1) rasio jenis kelamin berjumlah 96% yang termasuk dalam kategori kelas tinggi, (2) Rasio Kelompok Umur berjumlah 40% yang termasuk dalam kategpri kelas sedang,(3) Kepadatan Penduduk berjumlah 521,4 jiwa yang termasuk dalam kategori kelas sedang, (4) Rasio Kemiskinan berjumlah 34,37% yang termasuk dalam ketegori kelas sedang, (5) Rasio Orang Cacat berjumlah 0,12% yang termasuk dalam kategori kelas rendah.

Kata kunci : Kerentanan Sosial Masyarakat, Bahaya Banjir Bandang

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nur Ajijah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 15-12-2021 12:20
Terakhir diubah : 21-02-2022 10:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2170
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!