ANALISIS KESESUAIAN SOAL EVALUASI PADA BUKU MATEMATIKA KELAS 4 DENGAN HOTS (HIGHER ORDERTHINGKING SKILLS)

MAULIDA PUTRI (2021), ANALISIS KESESUAIAN SOAL EVALUASI PADA BUKU MATEMATIKA KELAS 4 DENGAN HOTS (HIGHER ORDERTHINGKING SKILLS) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Keberhasilan dari peserta didik salah satunya dapat dilakukan melalui uji kemampuan yang dilakukan dengan membuat soal-soal tes untuk mengukur atas bahan-bahan pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru bersangkutan.guru akan menilai peserta didik atas penyelesaian setiap tugas yang diberikan.Penilaian tersebut diharapkan dapat membantu siswa siswi dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), sebab dengan berpikir tingkat tinggi akan mendorong siswa siswi untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi pelajaran.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian soal evaluasi pada buku matematika kelas 4 dengan HOTS. Mengingat siswa kelas 4 sudah bisa diberikan soal berbasis hots maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah soal evaluasi pada buku matematika kelas 4 sudah sesuai dengan hots. Setelah penetian ini selesai peneliti akan tahu berapa soal yang sesuai dengan hots dan soal yang tidak sesuai dengan hots.


 Metodelogi penelitian dalam penelitian adalah dengan pendekatan kualitatif dengan cara tekhnik analisis konten. Data dikumpulkan melalui dokumentasi (Buku Kelas IV Sekolah Dasar). Analisis data dilakukan dengan cara tekhnik analisis konten yaitu dilakukan dengan tahap pengadaan data dalam tahap pengadaan data peneliti akan melakukan penentuan satuan (unit), menentukan sampel dengan cara unit konteks, dan perekaman/ pencatatan yang digunakan untuk menganalisis data agar sesuai.Pengurangan (Reduksi) Data, inferensi dan analisis pada tahap analisis menggunakan analisis kualitatif ranah konseptual.


Hasil penelitian diketahui pada Bab I soal evaluasi terdapat 15 soal dan sebanyak 11 soal yang sesuai dengan (Higher Order Thinking Skills/HOTS) dan ada 4 soal yang tidak sesuai dengan HOTS. Pada Bab II soal evaluasi terdapat 15 soal dan sebanyak 15 soal yang sesuai dengan (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Kemudian pada Bab III soal evaluasi terdapat 15 soal dan sebanyak 1 soal saja yang sesuai dengan (Higher Order Thinking Skills/HOTS) dan ada 14 soal yang tidak sesuai dengan HOTS.


Diharapkan kepada guru dapat menyiapkan soal-soal yang sesuai dengan (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Dengan adanya soal berbasis HOTS  siswa akan terlatih untuk berfikir tingkat tinggi. Guru juga diharapkan mampu membimbing siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS mulai dari C4,C5, dan C6, agar siswa mampu melewati dan mengerti setiap proses dari tingkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Kata kunci : Kesesuaian Soal, HOTS, Buku Matematika

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MAULIDA PUTRI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 15-12-2021 12:19
Terakhir diubah : 16-12-2021 16:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2169
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!