PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA

Abdur Rahman (2022), PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pada pelaksanaan pembelajaran dikelas, terdapat masalah yang dijumpai yaitu adanya siswa yang tidak begitu aktif dan tidak dapat kondusif, terdapat siswa yang hanya duduk diam tanpa memberikan respon terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru, serta ada siswa yang tidak dapat kondusif dan membuat keributan didalam kelas sehingga menyebabkan hasil pembelajaran psikomotorik siswa tidak bagus karena tidak mencapai indikator pada ranah psikomotorik yang telah ditentukan oleh guru. Maka peneliti mencoba menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas V SD Negeri 1 Langsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Adapun sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A terdiri dari 30 siswa dan kelas dan V-B terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Proses pengujian hipotesis memperoleh hasil nilai t_hitung = 11,1000 > t_tabel = 2,0017. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas V SD Negeri 1 Langsa. Penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) diharapkan dapat dikembangkan dan diterapkan dengan lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar psikomotorik dengan lebih memperhatikan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Kata kunci : Model Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Abdur Rahman
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 09-12-2021 18:23
Terakhir diubah : 14-06-2022 10:08
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2148
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!