PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TELUR KEONG MAS ( POMACEA CANALICULATA LAMARCK) DAN PUPUK DAUN GROWMORE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX (L) MERRILL.)

Grace Erichson Olivertri S (2022), PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TELUR KEONG MAS ( POMACEA CANALICULATA LAMARCK) DAN PUPUK DAUN GROWMORE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX (L) MERRILL.). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Grace Erichson Olivertri Sitanggang, “Pengaruh Pemberian Ekstrak Telur Keong Mas (Pomacea canaliculata Lamarck) Dan Pupuk Daun Growmore Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max (L) Merrill.)’’. Penelitian ini dibawah bimbingan Syukri Risyad sebagai pembimbing utama dan Yenni Marnita sebagai pembimbing anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai (Glycine max (L) Merrill.) dengan pemberian ekstrak telur keong mas dan pupuk daun growmore serta melihat interaksi antara ekstrak telur keong mas dan pupuk daun growmore. Penelitian ini dilakasanakan di Desa Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, pada bulan Januari sampai Maret 2021.
Penelitian ini menggunakan Rancang Acak Kelompok (RAK) pola fakorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu: faktor Ekstrak Telur Keog Mas (E) yang terdiri dari 4 taraf, yaitu: E0 = Kontrol, E1 = Ekstrak Telur Keong Mas 30 ml/l air, E2 = Ekstrak Telur Keong Mas 45 ml/l air, E3 = Ekstrak Telur Keong Mas 60 ml/l air. Faktor Pupuk Daun Growmore (D) yang terdiri dari 4 taraf, yaitu: D0 = Kontrol,
D1 = 1 g/l air, D2 = 2g/l air dan D3 = 3 g/l air.
Parameter yang diamati antara lain: tinggi tanaman, jumlah daun, umur berbunga, jumlah polong per tanaman, berat biji kering per tanaman, berat 100 biji kering per tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak telur keong mas berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, umur berbunga, jumlah polong, berat biji kering dan berat 100 biji kering. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan E2 (Ekstrak Telur Keong Mas 45 ml/ l air).
Pemberian pupuk daun growmore berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, umur berbunga, berat biji kering dan berat 100 biji kering. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan D2 (Pupuk Daun Growmore 2gr/l air).
Interaksi perlakuan pemberian ekstak telur keong mas dan pupuk daun growmore berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 28 HST dan jumlah daun tanaman pada umur 14 dan 28 HST dan tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 14 HST, umur berbunga, jumlah polong, berat biji kering dan berat 100 biji kering. Interaksi terbaik pada parameter pengamatan tinggi tanaman umur 28 HST dijumpai pada kombinasi perlakuan E3D3 (Ekstrak Telur Keong Mas 60 ml/l air dan Pupuk Daun Growmore 3 gr/l air) dan interaksi terbaik pada parameter pengamatan jumlah daun tanaman pada umur 14 dan 28 HST dijumpai pada kombinasi perlakuan E2D2 (Ekstrak Telur Keong Mas 45 ml/l air dan Pupuk Daun Growmore 2 gr/l air).
Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai yang baik dalam budidaya menggunakan polybag, disarankan menggunakan ekstrak telur keong mas dengan konsentrasi 45 ml/l air dan pupuk daun growmore dengan konsentrasi 2 gr/l air. Dilakukan pada pagi hari untuk pupuk daun growmore dan sore hari pada ekstrak telur keong mas.

Kata kunci : Ekstrak telur keong mas, pupuk daun, (Glycine max (L). Merrill.).

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Grace Erichson Olivertri S
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 07-12-2021 11:22
Terakhir diubah : 08-12-2021 13:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2138
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!