NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM DORAEMON “STAND BY ME”

Rohul annisa (2021), NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM DORAEMON “STAND BY ME” . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting sebagai pembentukan kepribadian anak agar anak dapat menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Pendidikan karakter perlu ditanamkan agar nilai-nilai tersebut menjadi sebuah sifat-sifat yang melekat dalam diri peserta didik. Pendidikan karakter dalam Film bertujuan untuk memberikan pesan-pesan yang terkandung didalamnya. Film dipertunjukkan kepada peserta didik sebagai alat komunikasi dan juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena mengandung nilai-nilai karakter. Dari berbagai film animasi/kartun, film Doraemon “Stand By Me” dapat digunakan karena memiliki nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Doraemon “Stand By Me”. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis isi/konten (analysis content). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian dalam Film Doraemon “Stand By Me” ini antara lain: (1) Religius, (2) Jujur, (3) Disiplin, (4) Kerja Keras, (5) Mandiri, dan (6) Peduli Sosial. Saran yang dapat penulis berikan adalah dengan harapan agar film Doraemon ini mampu memberikan ilmu pengetahuan tentang nilai-nilai pendidikan karakter baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan Sekolah

Kata kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Film

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rohul annisa
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 06-12-2021 11:05
Terakhir diubah : 26-01-2022 15:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2137
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!