IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING BERMEDIAKAN PAPAN STATISTIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Altika Maulidya (2021), IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING BERMEDIAKAN PAPAN STATISTIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting digunakan di dalam kelas ketika belajar. Pada proses pembelajaran, banyak sekali siswa yang keliru dalam menjawab soal dan membuat soal serupa dengan soal yang telah diberikan sebelumnya oleh guru. Siswa juga kesulitan dalam menyampaikan ide-ide atau gagasan yang ia miliki baik secara lisan maupun tulisan, serta menerima ide-ide atau gagasan dari orang lain dengan cermat terutama pada sub materi mean, median, modus dan sebaran data. Karena kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan, maka penggunaan model Problem Posing Tipe Post Solution tepat untuk digunakan. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan Implementasi Model Problem Posing Tipe Post Solution Posing Bermediakan Papan Statistika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Problem Posing Tipe Post Solution Posing bermediakan Papan Statistika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Langsa pada sampel kelas VIII-3.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian The One-Group Prestest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 95 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa pada tahun ajaran 2021/2022 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Tes yang digunakan berbentuk tes uraian yang sudah divalidasi oleh 3 validator, yaitu 1 orang dosen pendidikan matematika Universitas Samudra dan 2 orang guru SMP Negeri 6 Langsa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji hipotesis statistik, dengan nilai thitung = 9,95 > ttabel(0,05;22) = 2,07 dengan taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Problem Posing Tipe Post Solution Posing bermediakan Papan Statistika.
Saran yang diajukan yaitu Model Problem Posing Tipe Post Solution Posing bermediakan Papan Statistika dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran dan penelitian dengan menggunakan model Problem Posing Tipe Post Solution Posing dapat lebih dikreasikan lagi agar dapat menjadi bahan referensi bagi guru dan peneliti lainnya.

Kata kunci : Problem Posing, Post Solution Posing, Kemampuan Komunikasi Matematis, Papan Statistika

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Altika Maulidya
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 03-12-2021 16:30
Terakhir diubah : 09-12-2021 23:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2128
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!