PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 6 LANGSA

Pristia Wati (2021), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 6 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Matematika merupakan pelajaran yang kurang diminati oleh siswa, karena matematika dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan sehingga siswa menjadi tidak aktif saat proses pembelajaran dan siswa sulit untuk memahaminya. Hal ini menyebabkan kemampuan siswa terhadap matematika menjadi rendah termasuk dalam kemampuan berpikir kritis matematis. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan sebuah model pembelajaran kooperatif  tipe Think Pair Share dengan bantuan strategi pembelajaran Index Card Match. Strategi pembelajaran Index Card Match adalah strategi pencocokan kartu indeks yaitu pencocokan kartu soal dan kartu jawaban untuk memudahkan siswa dalam melaksanakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan pada materi bangun ruang sisi datar khususnya limas.


Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Index Card Match terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 6 Langsa.


Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Adapun populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII-2 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes akhir, tes akhir diberikan untuk melihat kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Index Card Match pada materi limas.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh  atau sehingga  ditolak dan  diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Index Card Match terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 6 Langsa.


Saran yang diharapkan kepada guru matematika untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Index Card Match sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam proses pembelajaran matematika terkhusus pada materi limas.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Index Card Match, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Pristia Wati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 03-12-2021 15:27
Terakhir diubah : 09-12-2021 23:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2126
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!