PENGARUH PROBIOTIK MINERAL FERMENTASI CUCUMIS SATIVUS L. MENGGUNAKAN STARTER RUMEN TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH AYAM BROILER

Oppy mandasari (2022), PENGARUH PROBIOTIK MINERAL FERMENTASI CUCUMIS SATIVUS L. MENGGUNAKAN STARTER RUMEN TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH AYAM BROILER. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ayam merupakan sumber protein hewani yang paling banyak digemari oleh masyarakat, salah satunya adalah ayam broiler. Tingginya kandungan kolesterol pada ayam broiler dapat menurunkan minat konsumen untuk mengkonsumsi ayam broiler. Oleh karena itu, diperlukan upaya alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol darah pada ayam broiler dengan pemberian minuman probiotik fermentasi Cucumis sativus menggunakan starter rumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian mineral fermentasi C. sativus menggunakan starter rumen dapat menurunkan kadar kolesterol darah ayam broiler, berapa jumlah konsentrasi yang optimal pemberian fermentasi C. sativus menggunakan starter rumen dalam menurunkan kadar kolesterol darah ayam broiler dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan starter rumen fermentasi C. sativus terhadap hasil uji proksimat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021 di Desa Gampong Keude, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur. Metode dimulai dengan persiapan kandang, pembuatan starter rumen, pembuatan fermentasi C. sativus, uji organoleptik dan juga uji proksimat terhadap mineral fermentasi C. sativus. Pemeliharaan ayam broiler dilakukan selama 35 hari sebanyak 27 ekor. Rancangan penelitian menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 9 ulangan. Uji kolesterol diperiksa secara langsung menggunakan kolesterol meter setelah ayam berumur 35 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian mineral fermentasi C. sativus dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Konsentrasi 60% mineral fermentasi C.sativus adalah konsentrasi yang optimal untuk menurunkan kadar kolesterol darah ayam broiler.

Kata kunci : ayam broiler, fermentasi, Cucumis sativus, starter rumen.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Oppy mandasari
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 03-12-2021 13:23
Terakhir diubah : 16-12-2021 10:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2124
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!